Pertama adalah istri saya yang mengikuti tes pada Jumat, lalu saya melakukannya pada Minggu setelah ia dinyatakan positif
Jakarta (ANTARA) - Daftar petenis peserta Adria Tour yang terinfeksi virus corona bertambah menjadi tiga orang setelah petenis Serbia Viktor Troicki, yang sebelumnya ikut bermain di putaran pembuka, dinyatakan positif COVID-19.

Sebelum Troicki, petenis Bulgaria Grigor Dimitrov mundur dari pertandingan karena kurang sehat dan dinyatakan positif COVID-19 pada Minggu, disusul petenis Kroasia Borna Coric yang bernasib serupa satu hari kemudian.

"Pertama adalah istri saya yang mengikuti tes pada Jumat, lalu saya melakukannya pada Minggu setelah ia dinyatakan positif. Putri kami dinyatakan negatif," tutur Troicki, demikian Reuters melaporkan, Selasa.

Baca juga: Coric jadi petenis Adria Tour kedua yang positif COVID-19

Troicki bermain pada leg pertama yang berlangsung di kompleks tenis milik Novak Djokovic di Beograd, Serbia, pada 13-14 Juni. Dimitrov dan Coric dinyatakan positif pada leg kedua di Zadar yang diadakan 20-21 Juni.

Troicki sempat bermain pada turnamen Kejuaraan Eropa Timur yang dimulai di Beograd, Senin, dan mengundurkan diri setelah mengetahui bahwa ia dan istrinya dinyatakan positif.

Temuan ini menimbulkan kekhawatiran serius pada badan-badan pengatur tenis di tengah upaya untuk memulai kembali olahraga yang terpaksa menghentikan seluruh turnamen sejak Maret.

Baca juga: Final Adria Tour dibatalkan setelah Dimitrov positif COVID-19

Agenda tenis profesional dihentikan pada awal Maret karena negara-negara menutup akses keluar-masuk dan memberlakukan lockdown untuk menahan penyebaran virus.

Pekan lalu Asosiasi Tenis Putra (ATP) dan Asosiasi Tenis Putri (WTA) mengeluarkan kalender jadwal pertandingan yang sudah direvisi dengan diawali pada Agustus. Sementara penyelenggara Grand Slam US Open mengatakan akan melaksanakan jadwal tahunan mereka meski tanpa penonton pada 31 Agustus-3 September di New York.

Namun akibat positifnya tiga petenis di turnamen eksebisi Adria Tour, rencana besar tersebut berpotensi untuk diatur ulang.

Baca juga: Andy Murray berencana tampil di US dan French Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020