Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa(23/6) kemarin, mulai dari pinjaman sebesar satu miliar dolar AS atau sekitar Rp15 triliun dari Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) hingga berlanjutnya aksi jual asing di pasar saham.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. AIIB setujui pinjaman satu miliar dolar bagi Indonesia atasi COVID-19
Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) menyetujui dana pinjaman sebesar satu miliar dolar AS atau senilai hampir Rp15 triliun kepada Pemerintah Indonesia untuk memperkuat jaring pengaman sosial, meningkatkan penanganan kesehatan, dan memitigasi penurunan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Dukungan dari AIIB diharapkan dapat memberi kontribusi bagi Pemerintah Indonesia dalam mengatasi berbagai tantangan di tengah masa yang penuh ketidakpastian ini," kata Wakil Presiden Operasi Investasi AIIB DJ Pandian dalam pernyataan di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

2. Perum Bulog siap salurkan 900 ribu ton beras untuk 10 juta keluarga
Perum Bulog siap menyalurkan kembali beras bantuan sosial dari presiden sebanyak 900 ribu ton untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) secara nasional untuk meringankan warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso di Jakarta, Selasa mengatakan bantuan paket beras sebanyak 15 kg yang merupakan program Kementerian Sosial tersebut akan disalurkan hingga akhir Desember 2020.

Baca selengkapnya di sini

3. Terdampak pandemi, investasi smelter 3,7 miliar dolar AS meleset
Target penanaman investasi pada sektor pertambangan khususnya pembangunan fasilitas pemurnian dan pengolahan mineral (smelter) sebesar 3,7 miliar dolar AS pada tahun 2020 diperkirakan meleset menjadi tahun 2021 akibat sebaran pandemi COVID-19.

“Dampak secara produksi memang belum terasa, namun secara fasilitas dan invetasi akan ada kemunduran target jika diprediksi COVID-19 sampai akhir tahun,” kata Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Mineral dan Batubara Irwandy Arif dalam pemaparan virtual yang diikuti Antara di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

4. Pergudangan terintegrasi terbesar di ASEAN resmi beroperasi di Cilegon
PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), anak perusahaan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, bersama PT Sentral Grain Terminal (SGT), anak usaha FKS Logistics, meluncurkan fasilitas pergudangan terintegrasi (integrated warehouse/IWH) di Pelabuhan Cigading, Cilegon, Banten, yang menandai fasilitas IWH terbesar di ASEAN tersebut resmi beroperasi.

"Tahap pertama telah selesai dibangun fasilitas gudang penyimpanan (flat storage) berkapasitas 200.000 MT dan tahap berikutnya akan dibangun fasilitas gudang vertikal (silo) berkapasitas minimum 70.000 MT sehingga nantinya kapasitas totalnya menjadi sebesar 270.000 MT," kata Direktur Utama KBS Alugoro Mulyowahyudi saat acara peresmian yang disiarkan secara virtual, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

5. IHSG melemah seiring berlanjutnya aksi jual asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa sore melemah seiring berlanjutnya aksi jual oleh investor asing.

IHSG ditutup melemah 39,7 poin atau 0,81 persen ke posisi 4.879,13. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 6,9 poin atau 0,91 persen menjadi 754,31.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020