Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memindahkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-Thamrin selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi dengan menyiapkan 32 lokasi di lima wilayah kota administrasi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, mengatakan, 32 lokasi yang disiapkan sebagai pengganti HBKB  di Jalan Sudirman-MH Thamrin yang ditiadakan mulai 28 Juni 2020.

"Apa yang terjadi di HBKB kemarin sudah dievaluasi. Hasilnya, kami menyiapkan 32 lokasi untuk mengganti HBKB yang biasa dilakukan di Jalan Sudirman-MH Thamrin," kata Syafrin.

Pemprov DKI membuka kembali HBKB pada Minggu (21/6) setelah sempat ditutup selama hampir tiga bulan akibat pandemi COVID-19. Pembukaan kembali HBKB disambut antusias warga sehingga banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Syafrin mengatakan dari hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya beserta instansi terkait diputuskan memindahkan lokasi HBKB guna mengurai kerumunan massa yang terjadi di satu titik.

Baca juga: Ini 8 ruas jalan di Jakpus untuk HBKB selama PSBB Transisi
Baca juga: Pimpinan DPRD DKI dukung HBKB dipindah ke lima wilayah


Dari 32 lokasi pengganti tersebut, terdapat tujuh lokasi HBKB wilayah yang ditetapkan dan 25 ruas jalan sebagai tempat berolahraga untuk warga.

"Detail lokasi dan pelaksanaannya akan kami umumkan lebih lanjut. Namun, perlu digarisbawahi, ini adalah kerja bersama. Pemprov DKI melalui Dishub DKI telah menyiapkan alternatif lokasi untuk mengurai kerumunan," kata Syafrin.

Pada pelaksanaan HBKB nantinya, Pemprov DKI Jakarta juga mengerahkan petugas pengawas dari Dishub dan Satpol PP. Masyarakat diimbau agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat juga perlu partisipatif untuk tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun," kata Syafrin.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020