Jakpus tak izinkan pedagang berjualan di lokasi HBKB

Jakpus tak izinkan pedagang berjualan di lokasi HBKB

Seorang warga berjualan kopi saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (21/6/2020). Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar HBKB atau car free day dengan menerapkan protokol kesehatan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 lalu karena pemberlakuan PSBB untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat tidak mengizinkan pedagang berjualan di lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di delapan kecamatan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

"Lapak-lapak sementara itu enggak boleh. Karena lokasi HBKB itu khusus untuk tempat berolahraga saja," kata Sekretaris Kota Jakarta Pusat Iqbal saat dihubungi, Rabu.

Pengamanan dari tiga pilar dipastikan akan diperketat selama HBKB berlangsung.

"Kalau ada potensi pedagang kita melibatkan Satpol PP, Dishub juga. Tiga pilar semua kita libatkan. Sesuai protokol PSBB Transisi," kata Iqbal.

Meski demikian jika ada pertokoan permanen di 8 titik HBKB pada Minggu (28/6) tetap diperbolehkan untuk berjualan. "Kalau memang di situ ada toko-toko pedagang diperbolehkan buka," kata Iqbal.

Baca juga: DKI pindahkan HBKB ke 32 lokasi selama PSBB Transisi
Baca juga: Ini 8 ruas jalan di Jakpus untuk HBKB selama PSBB Transisi


Iqbal mengatakan penerapan protokol kesehatan saat HBKB di Jakarta Pusat akan lebih mudah diawasi.

"Ruas jalan yang dimanfaatkan untuk HBKB itu kan enggak terlalu lebar dan juga tidak terlalu panjang. Jadi lebih mudah untuk mengawasi siapa saja yang memasuki area tersebut, petugas untuk memantau protokol kesehatan sudah disiapkan," ujar Iqbal.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat memastikan usulan lokasi HBKB di 8 titik kecamatan selama PSBB Transisi telah disetujui oleh Pemprov DKI Jakarta.

Berikut ke delapan lokasi untuk kegiatan HBKB di Jakarta Pusat:

Kecamatan Gambir di Jalan Suryopranoto; Kecamatan Sawah Besar di Jalan Pejagalan Raya; Kecamatan Senen di Jalan Paseban Raya; Kecamatan Kemayoran di Jalan Zamrud dan Kecamatan Cempaka Putih di Jalan Pramuka Sari.

Selanjutnya, Kecamatan Menteng di Jalan Taman Amir Hamzah; Kecamatan Johar Baru di Jalan Percetakan Negara II dan Kecamatan Tanah Abang di Jalan Danau Tondano.
Baca juga: Pimpinan DPRD DKI dukung HBKB dipindah ke lima wilayah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov DKI siapkan 32 lokasi pengganti HBKB 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar