Progres pembangunan venue PON Papua rata-rata sudah 95 persen.
Jayapura (ANTARA) - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) menyatakan persiapan pelaksanaan iven nasional PON XX di Papua yang dijadwalkan Oktober 2020 tetap berjalan selama pandemi COVID-19.

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya tengah fokus pada penyiapan akomodasi bagi peserta iven olahraga nasional tersebut.

"Meskipun kami sudah menghitung hotel yang ada di Kota Jayapura cukup, namun kebanyakan pihak perhotelan tidak melepaskan 100 persen kamar yang dimiliki kepada peserta PON," katanya.

Menurut Yunus, pihak perhotelan hanya melepas 70 persen kamarnya untuk digunakan peserta dan official PON sehingga harus mencari alternatif lain guna memenuhi kekurangan akomodasi tersebut.

Baca juga: Pemprov Papua segera ubah rencana induk PON XX

"PB PON beberapa waktu lalu sudah teken MoU dengan TNI-Polri, kemudian dalam waktu dekat, akan teken MoU lagi dengan asrama-asrama mahasiswa maupun rumah sewa yang memenuhi standar pelayanan hotel bintang tiga di mana kami optimistis semua akomodasi bisa terselesaikan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa mengatakan progres pembangunan venue PON Papua rata-rata sudah 95 persen, kecuali yang sifatnya sementara (temporary).

"Venue yang bersifat temporary baru disiapkan menjelang pelaksanaan PON Papua nanti, jadi venue yang sifatnya sementara masih nol persen," katanya.

Dia menambahkan secara keseluruhan venue PON akan rampung tahun ini, sehingga pada 2021 pihaknya akan lebih fokus pada kegiatan penyelenggaraan.

Baca juga: PUPR akan perpanjang konstruksi infrastruktur PON XX Papua hingga 2021

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020