Pemkot Batam sisir penyebaran COVID-19 hingga ke pulau penyangga

Pemkot Batam sisir penyebaran COVID-19 hingga ke pulau penyangga

Tim medis bersiap melakukan tes cepat COVID-19 ke pulau-pulau penyangga di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (24/6/2020). ANTARA/HO-Camat Belakangpadang/aa.

Daerah pulau berstatus hijau juga kita sisir
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau melakukan penyisiran penyebaran COVID-19 hingga ke pulau-pulau penyangga demi menuntaskan penanganan wabah corona di kota kepulauan yang berseberangan dengan Singapura itu.

"Daerah pulau (berstatus) hijau juga kita sisir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Rabu.

Baca juga: Batam target tes cepat COVID-19 terhadap 20.000 warga

Tim yang terdiri dari pihak kecamatan, puskesmas, Lurah Kasu, mahasiswa, perangkat RT dan RW serta kader posyandu setempat itu langsung ke pulau-pulau untuk melakukan tes cepat COVID-19 terhadap warga yang dikhawatirkan terpapar virus corona.

Camat Belakangpadang, Yudi Admaji menyampaikan, tes cepat COVID-19 dilakukan di Pulau Lingke, Pulau Bertam dan Pulau Gare.

Tim mengenakan APD lengkap mendatangi pulau-pulau dengan menumpang kapal untuk langsung menghampiri warga.

Baca juga: Batam catat nol penambahan pasien baru COVID-19

"Sasarannya warga yang sering belanja sembako dan kebutuhan rumah tangga di Batuaji (Pulau Batam)," kata dia.

Selain itu, tes cepat COVID-19 juga sebagai bentuk upaya penyisiran dan deteksi dini, pencegahan COVID-19 masyarakat yang tinggal di pulau-pulau penyangga Kecamatan Belakangpadang.

Baca juga: 136 warga Batam sembuh dari COVID-19
Tim medis bersiap melakukan tes cepat COVID-19 ke pulau-pulau penyangga di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Rabu. (Dok Camat Belakangpadang)

Ia menyampaikan Rabu ini tes dilakukan terhadap 27 warga di tiga pulau itu, masing-masing 17 orang warga Pulau Gare, seorang warga Pulau Lingke dan sembilan orang warga Pulau Bertam.

"Hasil keseluruhan tes nonreaktif," kata Yudi yang pernah menjabat Kepala Bagian Humas Pemkot Batam itu.

Baca juga: Gugus Tugas: Satu WNA asal Afrika Selatan positif COVID-19 di Batam

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar