Ambon (ANTARA News) - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku agar memanfaatkan ajang musik Ambon Jazz Plus Festival (AJPF) untuk mendorong percepatan pembangunan daerah itu untuk mengejar ketertinggalan seusai konflik sosial pada 1999.

"Saya termotivasi dengan undangan pembina panitia AJPF Semmy Samson, karena menilai ini cara pikir brilian memanfaatkan seni untuk mendorong percepatan pembangunan Maluku," kata Mazuki Alie ketika dimintai tanggapan, di Ambon, Jumat.

Karena itu, Marzuki berharap kegiatan seni dan musik yang melibatkan 150-an artis maupun musisi dalam dan luar negeri itu harus sukses, karena ini merupakan "cikal bakal" kegiatan bertaraf internasional lainnya di Maluku.

"Harus sukses ya. Mudah-mudahan dan saya ingin buktikan nanti," ujarnya sambil melirik Semmy Samson.

Marzuki menyerukan Pemprov Maluku harus optimal mendukung kegiatan AJPF, 9-11 Oktober.

"Beri dukungan positif karena bila sukses, maka para musisi bertaraf internasional yang menunjukan kebolehannya di Ambon akan menjadi `corong` gratis dalam mempromosikan Maluku dan ini tidak perlu biaya besar karena disampaikan dari `mulut ke mulut` sehingga lebih meyakinkan dunia internasional," katanya.

Marzuki mengajak Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu agar mengembangkan seni dan musik sebagai industri berprospek cerah karena daerah ini memiliki potensi penyanyi yang berhasil mengukir prestasi internasional.

"Ajak mereka pulang dan bangun Maluku melalui seni dan musik yang pangsa pasarnya berprospek cerah," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009