Destinasi yang cocok untuk pendaki dan penggemar sepeda

Destinasi yang cocok untuk pendaki dan penggemar sepeda

Ilustrasi kegiatan bersepeda (ANTARA/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Setelah diam di rumah selama berbulan-bulan, para wisatawan memimpikan destinasi yang aman tapi juga menyajikan panorama indah untuk liburan seperti pegunungan atau pedesaan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Booking.com, hampir 83 persen wisatawan Indonesia menginginkan area pegunungan untuk menjadi tempat liburan di masa normal baru.

Sebanyak 79 persen menyatakan ingin tetap aktif bergerak selama berlibur, 68 persen menginginkan tempat pendakian dan 59 persen menginginkan destinasi wisata untuk jalur sepeda.

Baca juga: Berapa lama harus bersabar tunggu "refund" tiket pesawat?

Baca juga: Sambut "new normal", LOKET sediakan 4 fitur layanan baru


Untuk mewakili keinginan para wisatawan tersebut, setidaknya ada lima destinasi terbaik untuk para pendaki dan penggemar bersepeda, berikut adalah daftarnya dikutip booking.com, Kamis.

Gunung Kelimutu, Flores

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi jalur yang jarang dilewati, mengejar matahari terbit, Gunung Kelimutu, Flores, bisa menjadi pilihan.

Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan yang merupakan salah satu keajaiban alam. Para penjelajah akan disambut oleh megahnya danau tiga warna yang terletak di antara tiga kawah gunung berapi tergantung pada musimnya. Untuk mengejar matahari terbit, Anda bisa memulai petualangan pada pukul 04.30 waktu setempat dan pulang dengan menikmati panorama pegunungan.

Gunung Batur, Bali

Bagi mereka yang gemar memacu adrenalin seperti mendaki dan bersepeda, tempat ini tidak boleh terlewatkan. Area Gunung Batur akan tertutup kabut tebal pada dini hari sehingga memberi kesan melayang di atas awan.

Baca juga: Hari ini Ancol buka lagi, anak bawah 5 tahun dan lansia dilarang masuk

Baca juga: Agen perjalanan online agar tawarkan layanan "book now, stay later"


Nikmatilah sinar matahari pagi yang indah sambil menjelajahi kawah gunung berapi di pegunungan. Apakah ini kunjungan pertama Anda ke Bali atau sudah beberapa kali berwisata sebelumnya, Gunung Batur harus ada di daftar teratas destinasi liburan Anda.

Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara

Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Lombok juga memiliki gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Walaupun terletak di 3.726 m di atas permukaan laut, tetapi orang tidak perlu menjadi pendaki berpengalaman untuk mencapai puncaknya. Salah satu tempat paling populer untuk para pendaki adalah Danau Segara Anak. Dengan perairan biru jernihnya, keindahan tempat ini tak terlupakan.

Desa Borobudur, Yogyakarta

Menjelajahi Yogyakarta dengan sepeda adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Bersepeda di desa Borobudur merupakan perpaduan pengalaman berolahraga yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah. Rute bersepeda ini dikelilingi pedesaan hijau yang subur, sawah, pertanian, dan rumah-rumah tradisional.

Bukittinggi, Sumatra Barat

Kota Bukittinggi yang berbukit memiliki banyak pemandangan indah untuk dijelajahi. Yang wajib dikunjungi bagi penggemar bersepeda adalah Ngarai Sianok yang menakjubkan, sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh tebing dan aliran air. Selain bersepeda, tracking, atau jalan-jalan, Anda juga dapat duduk dan menikmati ketenangan yang ditawarkan di lokasi ini.

Baca juga: Daftar tempat ikonis di Jakarta yang wajib dikunjungi

Baca juga: New normal, ini tujuan wisata yang diincar masyarakat Indonesia

Baca juga: Mengintip Seoul lewat tur virtual ke Korea Selatan

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Imigrasi Batam tanggapi rencana kebijakan Travel Bubble

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar