BI serahkan beasiswa kepada 175 mahasiswa di Bali

BI serahkan beasiswa kepada 175 mahasiswa di Bali

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya dan Rektor Undiknas Denpasar Dr Nyoman Sri Subawa, ST, SSos, MM saat penyerahan beasiswa secara simbolis (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2020)

Kalian merupakan contoh dari generasi muda yang cerdas, berprestasi dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di masa mendatang," ucapnya.
Denpasar (ANTARA) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho meminta 175 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Pulau Dewata yang menerima beasiswa dari Bank Sentral itu dapat menunjukkan kualitas diri yang terbaik.

"Program beasiswa ini kami harapkan dapat semakin memacu semangat kalian untuk terus berinovasi dan menunjukkan kualitas terbaik dalam diri, sehingga dapat menjadi lulusan dan kader terbaik yang dapat membangun potensi daerah," kata Trisno Nugroho dalam acara penyerahan beasiswa Bank Indonesia untuk tahun 2020 di Denpasar, Kamis.

Trisno mengemukakan penyaluran beasiswa Bank Indonesia di Provinsi Bali telah dimulai sejak 2003. Untuk 2020, ada perluasan program beasiswa kepada perguruan tinggi yang memenuhi kriteria yakni Universitas Udayana mendapat tambahan penerima beasiswa dari 50 menjadi 75 orang.

"Dengan demikian, tahun ini beasiswa BI diberikan kepada 175 mahasiswa yakni 75 mahasiswa Universitas Udayana, 50 mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha dan 50 mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional," ujarnya pada acara yang dirangkaikan dengan jumpa perdana Generasi Baru Indonesia (GenBI) 2020 itu.

Penyaluran beasiswa BI pada 2020 kepada penerima beasiswa akan dilaksanakan dua tahap dengan nominal Rp1 juta perbulan selama 10 bulan atau sebesar Rp10 juta untuk setiap mahasiswa.

"Kalian patut berbangga menjadi mahasiswa/mahasiswi terpilih dari seleksi penerimaan beasiswa yang ketat. Kalian merupakan contoh dari generasi muda yang cerdas, berprestasi dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di masa mendatang," ucapnya.

Beasiswa tersebut, lanjut Trisno, merupakan suatu bentuk kontribusi nyata dari Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia Bali sehingga terlahir SDM yang unggul, siap bersaing di tingkat global.

Dalam kesempatan itu, Trisno menyemangati 175 mahasiswa yang terhubung secara virtual tersebut dengan cerita kenangannya untuk menempuh pendidikan yang tidak mudah. Dia meyakini dengan bekal pendidikan akan mampu memperbaiki kehidupannya. Usahanya untuk belajar dengan tekun dan menunjukkan yang terbaik pun membuahkan berbagai beasiswa sehingga berhasil menempuh pendidikan hingga ke luar negeri.

"Tetaplah jaga semangat kalian di tengah keterbatasan pandemi COVID-19 ini. Jangan jadikan pandemi ini sebagai alasan untuk berhenti berkarya, namun sekaranglah saatnya kalian berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi diri kalian dan lingkungan sekitar," ujar mantan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta itu.

Pihaknya pun menginginkan agar nantinya mahasiswa penerima beasiswa dapat menjadi wirausahawan yang andal, yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kami pun telah menyiapkan komunitas untuk kalian berkarya, mengabdi dan berkontribusi untuk negeri. Generasi Baru Indonesia (GenBI) merupakan wadah organik, tempat kalian mengasah berbagai macam kecerdasan serta bakat kepemimpinan," ucapnya.
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat menyampaikan sambutan secara virtual pada penyerahan beasiswa Bank Indonesia tersebut (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2020)

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang menyampaikan sambutan secara virtual mengapresiasi langkah Bank Indonesia yang telah menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, terlebih di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Ini merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban moral untuk tetap membantu para pelajar sekaligus mendorong mereka untuk semangat dalam menggapai cita-cita," ujarnya.

Wagub Bali berharap ke depannya akan semakin banyak anak muda Bali yang berkesempatan untuk mendapat pembinaan dari BI sehingga Bali akan semakin unggul dan berkarakter di masa depan.

"Saya minta mahasiswa menggunakan beasiswa dengan sebaik-baiknya serta belajar dengan baik, selalu berkreativitas dan berinovasi. Dengan demikian, akan tumbuh generasi muda Bali yang mampu menjadi kunci terwujudnya Bali yang unggul di masa depan, terutamanya pascapandemi," ucapnya.

Rektor Undiknas Denpasar Dr Nyoman Sri Subawa, ST, SSos, MM dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih karena untuk kesekian kalinya Bank Indonesia memberikan kepercayaan kepada mahasiswa Undiknas mengikuti seleksi penerima beasiswa.

"Dengan komunitas GenBI, mahasiswa antarperguruan tinggi, penerima beasiswa, juga dapat bersinergi mengimplementasikan konsep dan teori dalam menggali potensi diri mahasiswa secara optimal," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Wakil Rektor III Unud Prot Dr Ir I Made Sudarma MS, dan Wakil Rektor III Undiksha Prof Dr I Gusti Ngurah Pujawan, MKes serta ratusan mahasiswa yang mengikuti acara secara virtual.
Sejumlah mahasiswa penerima beasiswa yang terhubung secara virtual (Antaranews Bali/Ni Luh Rhisma/2020)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sri Mulyani: Pemerintah belum bahas revisi UU BI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar