Liga Inggris

Arsenal kembali ke jalur kemenangan, bawa tiga poin dari Southampton

Arsenal kembali ke jalur kemenangan, bawa tiga poin dari Southampton

Penyerang Arsenal Edward Nketiah (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Kamis (25/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Mike Hewitt)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal akhirnya kembali ke jalur kemenangan dan membawa pulang tiga poin dari markas Southampton usai menundukkan tuan rumah 2-0 dalam laga pekan ke-31 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion St. Mary's, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Edward Nketiah dan Joe Willock mencetak gol-gol yang menjadi kemenangan pertama Arsenal dalam tiga pertandingan sejak liga kembali digelar selepas penangguhan tiga bulan karena pandemi.

Arsenal yang kini mengoleksi 43 poin berhasil melompati Crystal Palace (42) yang kalah sehari sebelumnya untuk naik ke urutan kesembilan klasemen, sedangkan Burnley (42) tertahan di urutan ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Arteta akui bertanggung jawab atas kekalahan lawan Brighton
Baca juga: Kontrak David Luiz diperpanjang satu tahun


Delapan menit pertandingan berjalan, Nketiah berhasil menyarangkan bola ke gawang tuan rumah memanfaatkan umpan tarik kiriman Bukayo Saka. Tapi gol itu dianulir karena Saka terlebih dulu terjebak offside dalam proses serangan.

Dua menit kemudian, Pierre-Emerick Aubameyang menerima umpan kiriman Kieran Tierney dan sukses memperdaya kiper Alex McCarthy, tetapi bola membentur mistar gawang.

Pada menit ke-20, McCarthy melakukan blunder ketika berusaha melakukan sapuan tapi bola malah mengenai Nketiah ke arah gawang dan penyerang muda itu sukses mengejar si kulit bundar lebih dulu untuk menyarangkannya ke gawang yang sudah tak bertuan.

Southampton hampir membalas ketika Ryan Bertrand mengirimkan umpan tarik, tetapi Stuart Armstrong datang terlambat dan bola melintas begitu saja di muka gawang.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum dan manajer Southampton Ralph Hasenhuettl berusaha mengubah jalannya permainan dengan menurunkan Kyle Walker-Peters serta Shane Long untuk menggantikan Yann Valery dan Michael Obafemi.

Baca juga: Transfer musim panas Arsenal tergantung posisi klasemen
Baca juga: Arteta khawatirkan permainan ala Jerman dari Southampton


Enam menit babak kedua berjalan Southampton memperoleh peluang tetapi tembakan James Ward-Prowse dari tepian kotak penalti melambung di atas mistar gawang.

Tuan rumah terus berusaha membalas tetapi peluang-peluang mereka selalu terbuang dan pada menit ke-78 Long bisa mengendalikan bola dengan baik sebelum melepaskan tembakan voli yang sayangnya masih bisa dihentikan oleh kiper Damian Martinez.

Lima menit jelang bubaran waktu normal Arsenal mendapat keuntungan ketika Jan Bednarek diusir wasit karena kartu merah setelah menjegal jatuh Aubameyang untuk mencegah penyerang Gabon itu mencetak gol.

Tendangan bebas yang dihasilkan dari pelanggaran itu sukses dimanfaatkan oleh Arsenal untuk menggandakan keunggulan.

Eksekusi Alexandre Lacazette membentur pagar hidup, tetapi bola bisa dikuasai penyerang Prancis itu yang melepaskan tembakan keras dan tak diantisipasi sempurna oleh McCarthy. Bola liar berhasil dikejar oleh Willock untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0 bagi Arsenal pada menit ke-86.

Aubameyang hampir menambah marjin sayang tembakannya bisa diamankan oleh McCarthy, tetapi Arsenal tetap membawa pulang tiga poin penuh dari laga tersebut.

Di pertandingan berikutnya, Southampton akan bertandang ke markas Watford pada Minggu (28/6), sedangkan Arsenal baru main tiga hari kemudian menjamu Norwich City.

Baca juga: Manchester City diizinkan jamu Liverpool di Etihad
Baca juga: Chelsea vs Manchester City, siapa lebih mumpuni?


Susunan pemain:

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Yann Valery (Kyle Walker-Peters), Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Bertrand; Stuart Armstrong, James Ward-Prowse, Pierre-Emile Hojbjerg (Jannik Vestergaard), Nathan Redmond; Danny Ings (Oriol Romeu), Michael Obafemi (Shane Long)
Pelatih: Ralph Hassenhuetl

Arsenal (4-3-3): Damian Martinez; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Rob Holding, Kieran Tierney (Sead Kolasinac); Dani Ceballos (Ainsley Maitland-Niles), Granit Xhaka, Bukayo Saka; Nicolas Pepe (Joe Willock), Edward Nketiah (Alexandre Lacazette), Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Mikel Arteta

Baca juga: Fans usil taruh gambar Osama bin Laden di stadion Leeds United
Baca juga: Juergen Klopp angkat topi kepada performa fantastis timnya

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar