Jakarta (ANTARA) - Film-film tentang gembong narkoba atau penggunaan obat terlarang menarik untuk disaksikan apalagi jika kisahnya diangkat dari kejadian nyata.

Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional, ada beberapa film bertema narkoba yang patut untuk ditonton. Berikut ini adalah daftar film tentang narkoba yang tak hanya menyajikan kisah menarik tapi juga memacu adrenalin.

"American Made" (2017)

Film ini terinspirasi dari kisah nyata Barry Seal yang diperankan oleh Tom Cruise. Barry adalah seorang pilot yang menyelundupkan narkoba milik Pablo Escobar sekaligus bekerja untuk CIA pada tahun 1980-an. Meski demikian, Barry juga bersahabat dengan bos mafia dari Kartel Medellin ini.

Film ini disutradarai oleh Doug Liman dan dikemas dengan bumbu humor sehingga ceritanya sangat menghibur meski temanya cukup serius.

"Escobar: Paradise Lost" (2014)

Film ini bercerita tentang Nicko (Josh Hutcherson) dan saudaranya yang dipindah ke pinggiran pantai Kolombia. Nicko bertemu dengan seorang gadis bernama Maria (Claudia Traisac) yang tak lain adalah keponakan dari Pablo Escobar (Benicio Del Toro).

Nicko sendiri tak tahu seberapa besar kekuasaan Escobar dalam bisnis narkoba. Film ini diangkat dari kisah nyata yang disutradarai oleh Andrea Di Stefano.

Baca juga: Slank ramaikan Hari Anti Narkoba Internasional dengan konser virtual

Baca juga: "The Informer", kisah agen ganda mengungkap jaringan narkoba


"Limitless" (2011)

Film yang dibintangi oleh Bradley Cooper sebagai Edward Morra ini cukup berbeda dibanding dengan yang lain karane bergenre sci-fi. Di sini Edward menggunakan narkoba bernama NZT-48 yang berguna untuk memaksimalkan fungsi otak.

"Limitless" merupakan sebuah film adaptasi dari novel berjudul "The Dark Fields" karya Alan Glynn.

"The Drug King" (2018)

Film ini berkisah tentang Lee Doo Sam (Song Kang Ho), seorang penyelundup kelas teri asal Busan, Korea Selatan yang berubah menjadi raja narkotika hingga mampu melakukan ekspor ke Jepang dan China pada tahun 1970-an.

Tindakan kriminal yang dilakukan Lee Doo Sam membuat para penegak hukum di Korea ingin menangkapkanya termasuk seorang jaksa bernama Kim In Go (Cho Jung Seok).

"El Camino" (2019)

Film yang disutradarai oleh Vince Gilligan ini merupakan kisah lanjutan dari serial "Breaking Bad". Film tersebut bercerita tepat setelah episode terakhir dari serial musim kelimanya yakni upaya Jeese Pinkman (Aaron Paul) untuk lepas dari cengkraman Jack dan gengnya serta polisi.

Status Jesse pun tak hanya sebagai burunan polisi tapi juga kartel narkoba. Walter White sendiri tewas pada episode terakhir "Breaking Bad".

Baca juga: Mantan pecandu narkoba sutradarai film antinarkoba

Baca juga: `Lagu Narkoba` Beatles Ternyata Diilhami Lukisan Putranya

Baca juga: Hakim Minta Imam S Arifin Ciptakan Lagu Anti Narkoba

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020