Kemarin, pemusnahan jamur Enoki hingga IMF prediksi resesi global

Kemarin, pemusnahan jamur Enoki hingga IMF prediksi resesi global

Jamur Enoki. ANTARA/ecowatch/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (25/6) kemarin, mulai dari IMF prediksi terjadi resesi global hingga pemusnahan jamur Enoki oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. IMF prediksi resesi global, pertumbuhan diproyeksikan minus 4,9 persen

Pandemi Virus Corona baru atau COVID-19 telah menyebabkan kerusakan yang lebih luas dan lebih dalam pada kegiatan ekonomi daripada yang diperkirakan, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada Rabu (24/6/2020), mendorong lembaga itu untuk memangkas lebih lanjut perkiraannya untuk pertumbuhan global 2020.

IMF mengatakan sekarang memperkirakan ekonomi global 2020 menyusut sebesar 4,9 persen, lebih buruk dibandingkan dengan kontraksi 3,0 persen yang diprediksi pada April, ketika menggunakan data yang tersedia ketika kuncian bisnis yang meluas baru saja memasuki ayunan penuh.

Baca selengkapnya di sini


2. IHSG Kamis sore terkulai, jatuh 68,01 poin dipicu proyeksi negatif IMF

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis terkulai dipicu proyeksi negatif dari Dana Moneter Internasional (IMF).

IHSG ditutup melemah 68,01 poin atau 1,37 persen ke posisi 4.896,73. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 11,87 poin atau 1,54 persen menjadi 760,05.

Baca selengkapnya di sini


3. Mulai 1 Juli, KA Bandara Soekarno-Hatta kembali layani penumpang

PT Railink akan mulai kembali mengoperasikan secara bertahap KA Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 1 Juli 2020.

“Kereta Api Bandara Soekarno- Hatta, Jakarta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020 untuk menyediakan akses ke Bandara Soekarno- Hatta dan juga sebagai alternatif akses menuju pusat kota yang lebih aman dan nyaman dengan 50 perjalanan dalam satu hari," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


4. Sri Mulyani tetapkan empat bank mitra untuk penempatan dana tahap awal

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menetapkan empat bank milik negara sebagai mitra pemerintah yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN dalam penempatan dana tahap awal untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Untuk tahap pertama sudah ada empat bank milik pemerintah yang ditetapkan sebagai bank umum mitra oleh Kemenkeu,” demikian kutipan keterangan resmi Kemenkeu yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


5. Kementan musnahkan jamur enoki dari Korsel karena mengandung bakteri

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan telah memerintahkan pada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd asal Korea Selatan.

Hal itu mengingat adanya informasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN), jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO, terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar Bakteri Listeria Monocytogenes.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Waspada dampak corona di 2021, presiden siapkan skenario cermat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar