Zurich berencana konversi jadi asuransi syariah

Zurich berencana konversi jadi asuransi syariah

Arsip Foto: Director Of Zurich Insurance Indonesia Susanto (kanan) bersama National Director of Habitat for Humanity Indonesia Susanto (kiri) menjelaskan tentang rencana bangunan kepada salah seorang warga yang rumahnya akan dibangun ulang pada acara peresmian Program Kampung Zurich Bersahaja di daerah tertinggal Mauk, Tangerang, Banten, Rabu (6/3/2019). Pembangunan Kampung Zurich Bersahaja ini merupakan program pemberdayaan komunitas yang bertujuan untuk mendukung pembangunan masyarakat tangguh melalui lingkungan yang bersih, sehat dan sejahtera (Bersahaja). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Kami memiliki ambisi untuk mengembangkan dan memperkuat unit bisnis asuransi syariah, umum, dan jiwa kami di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - urich Insurance Group (Zurich), setelah sukses mengakuisisi 80 persen saham PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) pada November 2019, ​​​​​​berencana untuk menkonversi salah satu entitas usahanya, PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) menjadi perusahaan asuransi umum syariah.

Saat ini proses tersebut masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Indonesia adalah pasar yang penting bagi Zurich. Kami memiliki ambisi untuk mengembangkan dan memperkuat unit bisnis asuransi syariah, umum, dan jiwa kami di Indonesia. Kami juga sangat antusias dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri keuangan syariah di Indonesia melalu rencana konversi ini," kata CEO ZII Hilman Simanjuntak dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Akuisisi Adira Insurance diklaim menunjukan komitmen jangka panjang asuransi itu untuk memperkuat skala bisnis dan keberadaannya di Indonesia.

Sejalan dengan komitmen itu pula, konversi menjadi perusahaan asuransi umum syariah akan memberikan peluang bagi perusahaan untuk memberikan serangkaian produk dan solusi yang dapat memenuhi perkembangan kebutuhan konsumen di Indonesia akan produk proteksi yang menyeluruh.

"Sebagai perusahaan asuransi multinasional teratas, kami terus berusaha untuk berinovasi dan berinteraksi dengan nasabah kami untuk memberikan layanan terbaik. Guna mengikuti perkembangan perilaku konsumen, kami akan mengembangkan produk dan solusi yang bisa diakses baik secara digital maupun jalur distribusi konvensional," kata Hilman.

Perusahaan asuransi umum syariah dari Zurich ini diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2021 dengan nama perusahaan PT Zurich General Takaful Indonesia (ZGTI).

Setelah konversi ini dilakukan, nasabah ZII bisa memilih untuk memperbarui kontrak polis mereka untuk produk asuransi umum konvensional dengan Adira Insurance atau mengganti kontrak polis mereka menjadi polis asuransi umum syariah dengan ZGTI.

Zurich Indonesia saat ini memasarkan solusi asuransi jiwa melalui PT Zurich Topas Life (ZTL) dan asuransi umum melalui Adira Insurance.

Baca juga: Zurich Indonesia sumbang Rp2,3 miliar sediakan akomodasi tenaga medis
Baca juga: Zurich akuisisi 80 persen kepemilikan asuransi Adira

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar