Kasus positif COVID-19 di Balikpapan kembali melonjak

Kasus positif COVID-19 di Balikpapan kembali melonjak

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak (Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Balikpapan kembali mengalami lonjakan dengan adanya tambahan sebanyak 13 orang pasien baru dan menempatkan sebagai wilayah dengan kasus terbanyak di Provinsi Kalimantan Timur.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak kepada awak media di Samarinda Jumat mengatakan saat ini jumlah kasus positif di wilayah Balikpapan 156 dari total 473 kasus COVID-19 di Kaltim.

Baca juga: Bertambah sembilan, Positif COVID-19 Kaltim menjadi 456 Kasus

"Saat ini ada penambahan kasus positif cukup banyak yakni sebanyak 17 orang, meskipun jumlah pasien sembuh juga mengalami penambahan sebanyak 20 orang," beber Andi Muhammad Ishak.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu membeberkan tambahan 17 kasus positif saat ini terbanyak berada di wilayah Kota Balikpapan dengan jumlah 13 orang, sedangkan lainnya Kukar dua kasus, Kubar dan Kutim satu kasus.

Baca juga: Kehamilan di Kaltim selama pandemi COVID-19 naik 35 persen

Andi Ishak menjelaskan tambahan kasus di Balikpapan dimulai dari pasien berkode BPN144-BPN156 dengan usia 21-53 tahun. Sebagian besar adalah karyawan perusahaan dan dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Sedangkan dua kasus di Kutai Kartanegara yakni KKR 67 (laki-laki 30 tahun) merupakan kasus OTG warga Jakarta Timur yang akan kembali bekerja di Kutai Kartanegara. Pasien dirawat di RS Pertamina, Balikpapan.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Kaltim tambah 18 Orang

KKR 68 (laki-laki 41 tahun) merupakan kasus OTG warga Kutai Kartanegara yang mengikuti pemeriksaan mandiri dari perusahaan dan kontak erat (rekan kerja) BPN 151 dan BPN 152. Pasien dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara.

Untuk tambahan satu kasus di Kutai Barat yakni KBR 30 (laki-laki 39 tahun) merupakan kasus OTG warga Kutai Barat pelaku perjalanan dari Palembang, Jakarta, dan Balikpapan yang akan kembali Kutai Barat. Pasien dirawat di tempat isolasi mandiri perusahaan.

Sedangkan tambahan satu kasus di Kutai Timur yakni KTM 46 (laki-laki 13 tahun) merupakan OTG warga Sulawesi Barat yang akan kembali ke Sulawesi Barat. Kasus dirawat di RSUD Kudungga, Sangatta, Kutim.

Masih disampaikan Andi, selain penambahan 17 kasus, Kalimantan Timur kembali mencatat 20 kasus sembuh dari COVID-19 dengan sebaran ada di Kabupaten Paser 4 kasus, Penajam Paser Utara 1 kasus, Kutai Timur 1 kasus, Kota Samarinda 1 kasus, dan Kota Balikpapan 13 kasus.

Dengan demikian, kasus COVID-19 per hari ini tercatat 473 kasus terkonfirmasi positif dan sembuh 354 kasus, serta 6 orang meninggal dunia, sedangkan yang masih dirawat berjumlah 113 kasus.

"Sementara yang masih menunggu hasil pemeriksaan swab di laboratorium berjumlah 682 orang,” tegas Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas pantau sembilan wilayah dengan kasus aktif tertinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar