Menkopolhukam: Jatim siap gelar Pilkada serentak 2020

Menkopolhukam: Jatim siap gelar Pilkada serentak 2020

Menkopolhukam Mahfud MD saat menyampaikan arahan di sela Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jumat (26/06/2020) sore. (ANTARA/Moch Asim)

Surabaya (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan Provinsi Jawa Timur siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020.

"Seluruh pihak sudah menyatakan kesiapannya dan 19 kabupaten/kota di Jatim siap menyelenggarakan Pilkada serentak Desember mendatang," kata Mahfud usai menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jumat sore.

Ia mengaku sering mendapat pertanyaan dari sejumlah pihak tentang penyelenggaraan pilkada yang digelar pada saat pandemi COVID-19.

Baca juga: Mahfud minta KPK aktif awasi Pilkada serentak

Namun, menteri kelahiran Madura tersebut menyampaikan bahwa telah dilakukan koordinasi terukur dalam pelaksanaan pilkada yang akan menggunakan protokol kesehatan sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

"Apalagi COVID-19 ini selesainya tidak jelas dan Desember belum tentu selesai. Tapi kalau sudah selesai Alhamdulillah. Dan yang jelas, meski belum selesai nantinya, pemerintahan harus tetap berjalan," ucapnya.

Terkait tambahan anggaran Pilkada 2020, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut memastikan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mencairkan dana tersebut kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Baca juga: Mahfud tegaskan potensi kerawanan pilkada sudah diantisipasi

Hanya, kata dia, masih ada beberapa KPU di daerah yang belum menyerahkan rincian kegunaannya sehingga belum diserahkan.

"KPU Jawa Timur ini sudah siap dan menyerahkan rinciannya sehingga telah dicairkan beberapa hari lalu. Bagi KPU di daerah lain yang belum, harap segera menyampaikannya sesuai prosedur," kata Mahfud.

Sementara itu, di Jatim total ada 19 kabupaten/kota akan menggelar pilkada serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020.

Sebanyak 19 kabupaten/kota itu, yakni Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Ngawi.

Baca juga: Mahfud MD pastikan kesiapan DIY gelar Pilkada 9 Desember

Kemudian Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Kediri.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar