Adaro serahkan ventilator pasien COVID-19 kepada RSUD Palangka Raya

Adaro serahkan ventilator pasien COVID-19 kepada RSUD Palangka Raya

Penyerahan bantuan ventilator dari Adaro MetCoal (AMC) kepada RSUD Palangka Raya, Kamis (25/6/2020). (ANTARA/Istimewa)

Alat ventilator ini akan digunakan di ruang isolasi untuk menangani pasien terinfeksi corona dengan kriteria gawat
Banjarmasin (ANTARA) - Adaro MetCoal (AMC) menyerahkan ventilator atau mesin untuk membantu pernapasan pasien COVID-19 kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

Government Relation AMC, Ramon Ramba Akob, di Palangka Raya, Jumat mengatakan Adaro MetCoal (AMC) berkomitmen membantu memerangi pandemi virus corona jenis baru itu di Kota Palangkaraya.

"Aksi nyata yang telah kami lakukan antara lain dengan memberikan bantuan alat kesehatan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Doris Sylvanus Palangka Raya," katanya.

Ventilator adalah mesin untuk menunjang atau membantu pernapasan seseorang. Melalui alat itu, pasien yang sulit bernapas akan dibantu untuk mendapatkan udara dan bernapas seperti orang normal.

Bantuan tersebut diserahkan pada Kamis (25/6) dan diterima Direktur RSUD dr Doris Sylvanusl Palangka Raya drg Yayu Indriati didampingi sejumlah jajaran direksi.

Baca juga: Adaro-UI distribusikan 100 ventilator COVENT-20 ke rumah sakit

Ramon mengharapkan bantuan berupa dua ventilator tersebut, dapat membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, khususya Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya dalam memerangi COVID-19 di "Bumi Tambun Bungai" itu.

"Bantuan alat ventilator ini bentuk dukungan Adaro dalam penanganan COVID-19 di Palangkaraya," katanya.

Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriati menyampaikan alat kesehatan, berupa dua ventilator mekanik tersebut, salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien COVID-19.

"Alat ventilator ini akan digunakan di ruang isolasi untuk menangani pasien terinfeksi corona dengan kriteria gawat," katanya.

Bagi pasien positif yang mengalami gagal napas, katanya, dilakukan terapi "airway" serta memberikan alat bantu napas mekanik.

Saat ini, RSUD setempat memiliki 10 tempat tidur dilengkapi ventilator, tetapi ada cadangan empat ruangan yang akan digunakan sebagai ruang penanganan intensif apabila masyarakat memang membutuhkan.

Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi yang kini sedang berjuang mengendalikan penyebaran COVID-19 sebagaimana provinsi lainnya di Indonesia.

Baca juga: PT Adaro datangkan dua ventilator impor untuk RSUD Ulin Banjarmasin
Baca juga: PT Adaro serahkan ambulans khusus pasien COVID-19

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ke Swiss, Menlu sampaikan ketertarikan Indonesia gabung COVAX AMC

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar