Hasil evaluasi CFD (21/6) di 28 akses masuk Jalan Sudirman-Thamrin, terdapat 40.155 yang datang
Jakarta (ANTARA) - Jumlah pengunjung di luar perkiraan pada hari bebas kendaraan bermotor (car free day/CFD) 21 Juni 2020 dinilai menjadi alasan kegiatan itu disebar ke 32 titik di berbagai wilayah di Ibu Kota.

"Jumlah peserta CFD kemarin lebih tinggi, dibanding 40 ribu yang kami hitung di 28 jalan akses tersebut. Oleh sebab itu, sesuai arahan Pak Gubernur, maka kami distribusi pelaksanaannya ke lima wilayah kota di Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo Syafrin di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Pihaknya merinci, berdasarkan hasil evaluasi CFD (21/6) di 28 akses masuk Jalan Sudirman-Thamrin, terdapat 40.155 yang datang,  terdiri 21.342 pejalan kaki dan kurang lebih 18.813 pesepeda, di luar warga yang beraktivitas saat CFD menggunakan MRT, TransJakarta, kendaraan pribadi dan parkir pada gedung-gedung sekitar Sudirman-Thamrin.

Ia melanjutkan, dengan distribusi ke lima wilayah kota untuk olahraga warga pada 32 kawasan khusus pesepeda itu, Pemprov DKI Jakarta mengharapkan warga Jakarta dapat langsung menuju kawasan-kawasan dimaksud dan tidak perlu menuju Sudirman-Thamrin karena tidak dilaksanakan HBKB tapi tetap disediakan jalur sepeda sementara.

"Kami berharap warga Jakarta pada masa pelaksanaan tiga periode PSBB lalu yang sudah sedemikian taat, patuh, menjalankan pelaksanaan PSBB termasuk di dalamnya menjalankan protokol kesehatan, individu dengan kebiasaan menjalankan protokol kesehatan, kami ajak tetap jalankan protokol kesehatan baik secara kolektif pada ruang-ruang publik yang kami siapkan terutama 32 ruang khusus sepeda tersebut," kata Syafrin.

Syafrin menyebut meski 32 lokasi itu bernama ruang khusus sepeda, masyarakat boleh datang dengan jalan kaki, namun dengan catatan tidak berkerumun, untuk nongkrong atau kongkow-kongkow saja.

"Silakan berolaraga dan terus bergerak sehingga potensi terjadinya kerumunan pada 32 kawasan khusus pesepeda dapat kita hindari. Dan tentu kita warga Jakarta bisa menuju masyarakat sehat, aman dan produktif," ucap Syafrin.

Untuk pengawasan pelaksanaan kegiatan olahraga agar menjalankan protokol kesehatan di 32 lokasi tersebut, Syafrin mengatakan total yang dikerahkan ada 1.526 personel yang terdiri dari Dishub 639 orang, Satpol PP 755 orang, kemudian TNI Polri 132 orang.

CFD di Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin akan ditiadakan pada 28 Juni 2020. Bagi warga yang ingin berolahraga disediakan 32 kawasan yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi dengan rincian sebagai berikut:
Jakarta Pusat
1. Jalan Suryopranoto
2. Jalan Percetakan Negara 2
3. Jalan Pejagalan Raya
4. Jalan Paseban Raya
5. Jalan Zamrud Raya
6. Jalan Amir Hamzah
7. Jalan Pramuka Sari 1
8. Jalan Danau Tondano

Jakarta Timur
9. Jalan Pemuda
10. Jalan RA. Fadilah
11. Jalan Inspeksi BKT
12. Jalan Raden Inten
13. Jalan Bina Marga

Jakarta Utara
14. Jalan Danau Sunter Selatan
15. Sisi Inspeksi Kali Sunter RBS
16. Jalan Kelapa Hibrida
17. Jalan Pulau Maju Bersama
18. Jalan Benyamin Sueb/ Pademangan Timur
19. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

Jakarta Barat
20. Jalan Gadjah Mada
21. Jalan Hayam Wuruk
22. Jalan Putri Harum
23. Jalan Puri Ayu
24. Jalan Puri Elok
25. Jalan Puri Molek
26. Jalan Puri Ayu 1
27. Jalan Puri Molek 1

Jakarta Selatan
28. JLNT Antasari
29. Jalan Sultan Iskandar Muda
30. Jalan Tebet Barat Dalam Raya
31. Jalan Kesehatan Raya
32. Jalan Cipete Raya

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020