Tambahan 2 pasien sembuh COVID-19 di Banyuwangi

Tambahan 2 pasien sembuh COVID-19 di Banyuwangi

Ilustrasi - Pemudik dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celsius tidur di tempat karantina GOR Tawangalun, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/5/2020). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/pras.

Dan dilakukan tes usap terhadap yang bersangkutan, pasien ini juga memiliki penyakit penyerta, yaitu diabetes melitus dan mag
Banyuwangi (ANTARA) - Terjadi penambahan dua pasien virus corona jenis baru (COVID-19) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang dinyatakan sembuh setelah dilakukan dua kali tes usap dengan hasil negatif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, di Banyuwangi, Jumat, mengemukakan dengan adanya dua pasien yang dinyatakan sembuh, hingga saat ini jumlah pasien COVID-19 sembuh sembilan orang, dari jumlah keseluruhan 27 pasien positif.

"Hari ini ada dua pasien sembuh, yaitu pasien Nomor 11 yang dinyatakan positif pada 6 Juni lalu dan pasien Nomer 19 yang dinyatakan positif pada 13 Juni lalu. Setelah menjalani perawatan, keduanya sudah dua kali tes usap dan semua negatif," ujarnya.

Selain itu, katanya, pada hari ini juga terdapat tambahan satu kasus positif di Banyuwangi, yakni pasien Nomor 27, seorang perempuan berusia 68 tahun, asal Kecamatan Bangorejo, yang telah menetap di Surabaya sejak 2019.

"Yang bersangkutan pulang ke Banyuwangi pada 15 Juni 2020, karena ingin ketemu dengan anaknya, diantar oleh kerabatnya," katanya.

Baca juga: Kabupaten Banyuwangi siapkan layanan publik hadapi era normal baru

Dalam perjalanan pulang ke Banyuwangi, lanjut dia, kondisi pasien sudah mengalami gejala batuk, mual, dan sesak, sehingga langsung dibawa ke UGD RSUD Genteng.

"Ternyata pasien ini sejak tanggal 12 Juni 2020 di Surabaya, sudah mengalami gejala batuk, mual, dan sesak. Jadi saat pulang ke Banyuwangi tanggal 15 Juni 2020 langsung dibawa ke rumah sakit," katanya.

Berdasarkan kondisi klinis pasien, pihak RSUD Genteng melakukan sejumlah pemeriksaan laboratorium, hasil dari tes cepat menunjukkan reaktif, dan hasil laboratorium thorax menunjukkan terdapat pneumonia.

"Dan dilakukan tes usap terhadap yang bersangkutan, pasien ini juga memiliki penyakit penyerta, yaitu diabetes melitus dan mag," ujarnya.

Hasil tes usap yang bersangkutan, menurut dia, telah keluar pada Jumat ini yang menyatakan pasien tersebut terkonfirmasi positif terpapar corona.

"Saat ini pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Genteng, sedangkan untuk kontak erat, tengah ditelusuri oleh gugus tugas daerah," ujarnya.

Baca juga: Tambah satu, pasien positif COVID-19 di Banyuwangi-Jatim naik 10 orang
Baca juga: Corona tak pengaruhi Banyuwangi jadi tuan rumah selancar dunia 2020

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kabar baik, tiga pasien COVID-19 di Jayapura sembuh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar