Harapan kami ke depannya untuk PHE agar mengembangkan ini, tidak hanya di PHE namun di anak-anak perusahaan dari subholding yang baru dibentuk
Jakarta (ANTARA) - Komisaris Pertamina Hulu Energi Fadli Rahman mengatakan bahwa PHE terus meningkatkan pemanfaatan digitalisasi agar bisa ekonomis dalam merawat sumur-sumur migas tua.

"Kita akan implementasikan terkait digital procurement predictive maintenance sehingga perawatan sumur yang sudah tua itu bisa dilakukan secara dini," ujar Fadli dalam diskusi daring bertema Indonesia Muda Club yang diselenggarakan Kementerian BUMN, Jumat.

Ia menambahkan perusahaan telah lama membangun suatu manajemen berbasis data terintegrasi dari sisi eksplorasi produksi maupun operasinya.

"Itu dikombinasikan jadi satu dan menjadi single source of truth. Ini akan menjadi backbone bagi PHE. Harapan kami ke depannya untuk PHE agar mengembangkan ini, tidak hanya di PHE namun di anak-anak perusahaan dari subholding yang baru dibentuk," katanya.

Dalam kesempatan itu, Fadli juga menyampaikan perusahaan telah menerapkan 100 persen operasional secara digital sebelum ditunjuk menjadi subholding.

"Sudah di aplikasikan di 55 blok PHE dari ujung Sumatera sampai ujung Papua, itu diaplikasikan semua dan yang perlu di scale up hanya di anak perusahaan saja," ucapnya.

Saat ini, ia mengatakan pihaknya juga sedang menganalisa penggunaan teknologi sensor terhadap sumur-sumur tua. PHE belajar dari perusahaan migas dunia seperti Adnoc dan British Petroleum yang sudah lebih dahulu melakukannya.

"Apakah sumur-sumur tua yang kita punya akan menjadikan ekonomis jika hal-hal seperti sensor kita aplikasikan dari darat ke laut atau ke tengah hutan, itu ekonomis atau tidak, ini sedang dikaji," ucapnya.

Menurut Fadli, transformasi digital tidak bisa ditolak. Setiap perusahaan yang mengimplementasikan digital transformasi mengalami pertumbuhan valuasi perusahaan sebesar 2,4 kali lipat ketimbang yang tidak mengimplementasikannya.

Baca juga: PHE temukan cadangan minyak sumur FK-1
Baca juga: PHE - Medco E&P Simenggaris pasok gas ke kilang mini LNG di Kaltara
Baca juga: Fasilitas produksi sumur gas PHE Randugunting Rembang mulai beroperasi

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020