Hari ini bertambah 10 orang pasien yang sembuh sehingga total sudah 571 orang
Padang (ANTARA) - Tingkat kesembuhan pasien positif COVID-19 di Sumatera Barat meningkat menjadi 79,3 persen atau 571 pasien dari 720 orang yang terkonfirmasi positif corona.

"Hari ini bertambah 10 orang pasien yang sembuh sehingga total sudah 571 orang (79,3 persen). Kita berharap bisa terus bertambah," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman di Padang, Jumat.

Baca juga: Sejumlah daerah di Sumbar catatkan "zero" COVID-19

Ia mengatakan tingginya tingkat kesembuhan itu berkat peran semua pihak mulai dari tim pelacakan, pasien yang didukung oleh keluarga, petugas kesehatan dan relawan, pemerintah daerah serta Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso.

"Semua memberikan kontribusi positif sehingga warga yang terpapar cepat diketahui dan ditangani," katanya.

Baca juga: Dua tenaga kesehatan di Padang Panjang positif COVID-19

Ia mengatakan informasi dari pasien yang berhasil sembuh, dukungan keluarga merupakan faktor penting untuk melewati masa-masa sulit selama pengobatan. Dukungan tim kesehatan dan relawan di tempat isolasi juga sangat membantu.

Sementara itu jumlah pasien meninggal pada Jumat (26/6) di Sumbar juga bertambah satu orang. Pasien adalah anak perempuan delapan tahun warga Lembah Gumanti, status pelajar, diduga terpapar dari riwayat pengobatan rumah sakit.

Baca juga: Epidemiolog: Penurunan COVID-19 bukan berarti kasus sudah terkendali

Dengan demikian total pasien COVID-19 yang meninggal di Sumbar berjumlah 31 orang (4,31 persen).

Data Dinas Kesehatan Sumbar total pasien COVID-19 di daerah itu 720 orang, terjadi penambahan tiga orang lagi dari Kamis (25/6). Dari jumlah itu 64 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit (8,89%) dan 54 orang (7,5 persen) isolasi di berbagai fasilitas.

Baca juga: 60,98 persen pasien positif COVID-19 Sumbar telah sembuh

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020