Jakarta (ANTARA) - Google telah memperbarui Google Photos, aplikasi penyimpanan dan pengelolaan foto, yang sekarang dibuat lebih simpel dan mudah untuk mencari foto kenangan lama.

Pembaruan ini merupakan perubahan desain pertama sejak Google Photos diluncurkan lima tahun lalu dan sudah digunakan lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Baca juga: Google Maps rayakan 15 tahun dengan tampilan dan fitur baru

Baca juga: Google Duo punya fitur baru


Google Photos telah menjadi lebih dari sekedar aplikasi untuk mengelola foto, itu telah menjadi rumah bagi kenangan hidup penggunanya.

"Dan itulah sebabnya hari ini, kami meluncurkan Google Photos yang dirancang ulang, berfokus pada ingatan Anda, untuk membantu Anda menemukan dan menghidupkan kembali saat-saat paling berharga Anda," kata David Lieb, Product Director Google Photos dikutip Sabtu.

Selain memperbarui tampilan, Google juga mengubah logo Google Photos menjadi lebih atraktif.

Google mengubah desain Photos menjadi lebih sederhana, membuat foto dan video lebih menonjol, dengan tiga bilah (tab) utama sebagai berikut:

Photos
Seperti biasa, tab utama berisi semua foto dan video Anda, tetapi sekarang Anda akan melihat gambar mini yang lebih besar, video yang diputar secara otomatis, dan lebih sedikit ruang putih di antara foto. Di bagian paling atas, Anda juga akan melihat menu Memories yang lebih besar.

Baca juga: Facebook siapkan fitur mirip Instagram, dinamai "Popular Photos"

Baca juga: Google hentikan layanan cetak foto berlangganan


Search (Cari)
Seiring bertambahnya perpustakaan foto, pencarian menjadi semakin penting. Jadi Google menempatkan pencarian di bagian depan dan tengah untuk memberi Anda akses cepat ke orang, tempat, dan hal-hal yang paling penting bagi Anda. Anda juga akan menemukan tampilan peta interaktif baru; lebih banyak tentang itu dalam kesederhanaan.

Library (Perpustakaan)
Perpustakaan berisi tujuan paling penting di perpustakaan foto Anda, seperti Album, Favorit, Sampah, Arsip, dan banyak lagi. Dan jika Anda berada di AS, UE atau Kanada, Anda juga akan melihat Toko Cetak kami, tempat Anda dapat membeli produk cetak yang menampilkan foto Anda sendiri.

Dan Anda selalu dapat mengakses konten yang Anda bagikan dengan mengetuk tombol "percakapan" di sudut kiri atas.

Baca juga: Google Photos kini punya "like"

Baca juga: Google hentikan sinkronisasi layanan Photos dan Drive pada Juli

 
Tampilan baru Google Photos, dengan tiga tab utama, dan pencarian peta. (ANTARA/Google)


Di antara pembaruan itu, pada tab pencarian, pengguna dapat melihat tampilan peta interaktif dari foto dan video Anda, yang telah menjadi salah satu fitur yang paling banyak diminta sejak Google meluncurkan Google Photos.

Anda dapat memperkecil dan memperbesar di peta untuk menjelajahi foto-foto perjalanan Anda, melihat di mana Anda telah mengambil sebagian besar foto di sekitar kota asal Anda, atau menemukan satu foto dari suatu tempat di perjalanan darat Anda di seluruh negeri.

Jika Anda mengaktifkan lokasi dari kamera perangkat Anda, Riwayat Lokasi, atau menambahkan lokasi secara manual, foto-foto itu selalu diatur dan dapat dicari berdasarkan tempat di Google Photos.

Mulai hari ini, mereka juga akan muncul di tampilan peta. Jika Anda ingin melakukan perubahan, Anda memiliki kontrol untuk mengedit atau mematikan Riwayat Lokasi dan izin lokasi kamera.

Pengalaman Google Photos yang baru dan disederhanakan ini diluncurkan dalam minggu depan di Android dan iOS.

Baca juga: Fitur Suggested Sharing di Google Photos kini tersedia di Indonesia

Baca juga: Google Photos rayakan HUT pertama dengan 200 juta pengguna

Baca juga: Google Photos mungkinkan pencarian dengan emoji

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020