Ini peluang bagi kami para pemain muda untuk meningkatkan kualitas kami
Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Bhayangkara FC menyambut positif soal wacana akan diterbitkannya regulasi mengenai kewajiban klub menurunkan pemain U-20 oleh PSSI dan menyebut kondisi tersebut bakal menumbuhkan kepercayaan diri para pemain.

"Menurut saya pribadi itu bagus. Agar kami pemain muda lebih percaya diri dan juga lebih dewasa dalam bermain sepak bola dan menambah pengalaman," ujar gelandang muda Bhayangkara FC Sadek Tuakia yang dilansir laman resmi klub di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI tengah menggodok regulasi U-20 di Liga 1, sebagai upaya untuk membantu timnas menentukan kerangka tim menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

Baca juga: PSSI kaji regulasi kewajiban klub turunkan pemain U-20 di liga

Dengan adanya regulasi tersebut, pemain dinilai akan mendapatkan menit bermain yang cukup. Apalagi ditangguhkannya kompetisi akibat pandemi sejak Maret membuat PSSI harus bekerja keras mengembalikan persaingan yang kompetitif tiap individu.

Sadek mengatakan regulasi itu juga akan memberikan motivasi berlipat bagi para pemain muda untuk bersaing dengan pemain lainnya dalam meraih tempat utama di tim.

"Itu juga motivasi agar kami pemain muda lebih giat untuk berlatih," kata pemain berusia 19 tahun itu. 

Baca juga: APSSI dorong PSSI wajibkan pemain U-20 berlaga di Liga 1 dan 2

Senada dengan Sadek, pemain The Guardian lainnya Ichwan Tuharea juga menyambut baik wacana regulasi U-20. Pemain berusia 20 tahun itu menilai regulasi tersebut bisa membuat pemain muda berkembang, layaknya saat diterapkan regulasi U-23 pada tiga musim lalu.

"Ini peluang bagi kami para pemain muda untuk meningkatkan kualitas kami," katanya.

Kendati demikian, wacana regulasi U-20 belum sepenuhnya ketuk palu. PSSI masih harus membahasnya di rapat Exco dan belum mengumumkan secara pasti apakah hal itu diterapkan di Liga 1 2020.

Baca juga: PSSI tetapkan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021
Baca juga: PSSI ingin timnas U-19 bentuk kerangka tim untuk Piala Dunia U-20

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020