Jakarta (ANTARA) - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan jajaran TNI-Polri bekerja sama untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi pengunjung di berbagai tempat wisata.

"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan menjelang dibukanya tempat wisata," ujar Irjen Argo dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu.

Argo menambahkan jajaran TNI-Polri mengamankan dengan pendekatan persuasif terkait protokol kesehatan di sektor pariwisata menyusul kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang memperbolehkan tempat wisata alam di zona hijau dan kuning dibuka untuk umum.

Di lokasi wisata, jajaran TNI-Polri beserta Pemda setempat akan menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung standar protokol kesehatan diantaranya dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta menerapkan physical distancing.

"Kami juga meminta kepada pengelola untuk menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan. Misalnya masker. Ini untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang tidak membawa. Warga juga akan dicek suhu dan mencuci tangan dengan sabun," tutur Argo.

Ia menegaskan bahwa hal tersebut penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung serta memberikan kenyamanan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kadivhumas Polri berharap bahwa pembukaan sektor pariwisata dengan protokol kesehatan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat dan memberikan pemasukan untuk negara.

"Tidak hanya negara, ekonomi masyarakat juga akan bangkit," kata mantan Karopenmas Polri ini.

Baca juga: Polri salurkan bantuan sembako ke komunitas Buddha di Jakarta Utara

Baca juga: HUT Bhayangkara ke-74 Polri bagikan sembako untuk buruh lepas Jakut

Baca juga: Kapolri motivasi jajaran Polri untuk selalu bekerja dengan baik

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020