Grace: kunci dari upaya melawan COVID-19 adalah testing dengan cepat, luas, dan efektif.
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kelompok Rumah Sakit Siloam berkolaborasi dengan PT Link Net Tbk menyumbangkan 1.000 alat tes cepat kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Donasi tersebut diserahkan secara langsung oleh Managing Director Siloam Hospitals Group dokter Grace Frelita dan Deputy CEO and Chief Operations Officer PT Link Net Tbk Victor Indajang kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Kantor Bupati Tangerang, Jumat (26/6).

"Dengan semangat solidaritas kebersamaan melawan COVID-19, kita donasikan 1.000 rapid test kit ini kepada Pemkab Tangerang," kata Managing Director Siloam Hospitals Group dokter Grace Frelita melalui keterangan pers, Sabtu.

Grace mengatakan kunci dari upaya melawan COVID-19 adalah testing dengan cepat, luas, dan efektif. Dengan demikian dapat diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan pelacakan kontak untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan.

"Akibatnya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat, dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Siloam terus mengupayakan diri serta siap mendukung misi dan program pemerintah dalam usaha bersama melawan COVID-19," katanya.

Deputy CEO and Chief Operations Officer PT Link Net Tbk Victor Indajang mengungkapkan kolaborasi ini akan memperluas jangkauan deteksi COVID-19 sehingga mampu menekan angka penyebaran khususnya di wilayah Tangerang.

"Dalam semangat kebersamaan, kami mau terus membantu masyarakat dan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kolaborasi ini semakin menegaskan komitmen kami dalam mendukung sektor kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam menanggulangi pandemi ini," ungkapnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi bantuan tersebut. Pemerintah Kabupaten Tangerang berupaya menggerakkan ekonomi kemasyarakatan dengan membuka pabrik-pabrik dan perkantoran namun tetap secara masif melakukan tes cepat di area publik seperti pasar tradisional guna memutus penyebaran COVID-19.

Siloam sendiri terus berkomitmen mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19 seperti menambah 30 persen kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 serta mengoperasikan sepenuhnya tiga rumah sakit rujukan COVID-19 yakni RS Siloam Mampang dengan 415 tempat tidur, RS Siloam Kelapa Dua (215 tempat tidur) dan RS Siloam Paal Dua (145 TT).

"Selain itu laboratorium RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan menjalankan empat mesin PCR melakukan testing 500 pasien perhari dengan tujuan utama melakukan pengujian terhadap para dokter, perawat, dan pekerja medis di lapangan," kata Grace.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020