Kemarin, Wall Street anjlok hingga PPh rendah bagi perusahaan terbuka

Kemarin, Wall Street anjlok hingga PPh rendah bagi perusahaan terbuka

Dokumentasi - Seorang pria menggunakan masker berjalan di depan Gedung Wall Street saat wabah virus corona di New York, AS (13/3/2020). ANTARA/REUTERS/Lucas Jackson/aa. (REUTERS/LUCAS JACKSON)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (27/6) kemarin, mulai dari indeks saham di Wall Street yang jatuh hingga tarif pajak rendah untuk perusahaan terbuka.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Wall Street jatuh, Dow anjlok lebih 700 poin karena kekhawatiran virus
Wall Street turun tajam pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan indeks-indeks utama anjlok lebih dari dua persen karena beberapa negara bagian AS memberlakukan pembatasan bisnis dalam menanggapi lonjakan kasus baru virus corona.

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 730,05 poin atau 2,84 persen, menjadi ditutup pada 25.015,55 poin. Indeks S&P 500 turun 74,71 poin atau 2,42 persen, menjadi berakhir pada 3.009,05 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup jatuh 259,78 poin atau 2,59 persen, menjadi 9.757,22 poin.

Baca selengkapnya di sini


2. Ketua OJK dukung upaya penegakan hukum terkait kasus Jiwasraya
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mendukung upaya penegakan hukum terkait kasus Jiwasraya, yang menyeret salah satu pejabat OJK.

"Berkaitan dengan pengumuman penegakkan hukum kasus jiwasraya oleh pihak Kejaksaan Agung, OJK telah sejak awal turut dalam proses melalui penyediaan data, informasi, dan asistensi, serta tetap akan mendukung proses penegakkan hukum yang dilakukan," ujar Wimboh di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


3. Luhut dukung usaha rintisan pro produk lokal
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan memberi dukungan penuh bagi usaha rintisan atau startup yang terus berupaya memberdayakan masyarakat terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Saya senang dan bangga lihat perusahaan ini, kalian terus kembangkan untuk Indonesia, kita buat yang terbaik untuk Indonesia, saya pasti bantu. Sekaligus kita bangun persatuan, kau ikutkan pula dari NTB, dan NTT, dan dari beberapa perwakilan, jadi jangan fokus di Pulau Jawa saja. Kita sudah buat insentif untuk UMKM, dan sedang kita siapkan," ujar Luhut dalam arahannya via video conference kepada para anak muda penggagas, pendiri dan pengelola platform dompet digital DANA Indonesia.

Baca selengkapnya di sini


4. Erick minta BUMN alihkan proyek nilai kecil ke UMKM
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta perusahaan negara untuk memprioritaskan proyek bernilai kecil dialihkan ke pelaku industri Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM).

"Nantinya, BUMN tidak boleh ikut tender apalagi yang kecil-kecil. Kita mau prioritaskan ke UMKM," ujar Menteri Erick dalam diskusi daring bertema "Sinergitas dan Kolaborasi Alumni Melalui Inovasi Menyongsong Kebangkitan Ekonomi dan Demokrasi Pasca COVID-19" yang diselenggarakan alumni Universitas Padjajaran di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini


5. DJP kenakan tarif PPh badan lebih rendah bagi perseroan terbuka
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengenakan tarif pajak penghasilan (PPh) badan lebih rendah kepada perusahaan berbentuk perseroan terbuka dengan jumlah saham yang diperdagangkan di bursa efek di Indonesia setidaknya 40 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

“Itu diberikan sepanjang memenuhi persyaratan tertentu,” demikian kutipan keterangan resmi dari DJP yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Apep Suhendar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kasus Jiwasraya, Kejagung pastikan satu pejabat OJK sebagai tersangka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar