Piala FA

Gol tunggal Ross Barkley antar Chelsea ke semifinal Piala FA

Gol tunggal Ross Barkley antar Chelsea ke semifinal Piala FA

Gelandang Chelsea Ross Barkley (kiri) mencetak gol tunggal penentu kemenangan atas Leicester City dalam laga perempat final Piala FA tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion King Power, Leicester, Minggu (28/6/2020). (ANTARA/REUTERS/POOL/Tim Keeton)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang Chelsea Ross Barkley mencetak gol tunggal yang mengantarkan timnya melaju ke semifinal Piala FA seusai mengalahkan tuan rumah Leicester City 1-0 dalam laga perempat final tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion King Power, Minggu.

Barkley yang baru masuk sejak sepak lanjut babak kedua, mencetak golnya pada menit ke-63 setelah menerobos barisan pertahanan Leicester untuk menyambut umpan silang Willian dan menaklukkan kiper Kasper Schmeichel.

Gol itu menjadi gol keempat Barkley untuk Chelsea musim ini yang tiga di antaranya dicetaknya dalam ajang Piala FA.

Baca juga: Chelsea singkirkan Liverpool setelah menang 2-0 di Stamford Bridge

Tanpa gol sampai turun minum, sejumlah peluang diciptakan kedua tim pada babak pertama.

Blunder Billy Gilmour hampir dibayar mahal oleh Chelsea namun beruntung tembakan Youri Tielemans bisa ditepis kiper Willy Caballero sedangkan tendangan bebas Ben Chilwell yang ditemui sundulan Jonny Evans melenceng dari sasaran.

Sebaliknya, Chelsea balik mengancam setelah aksi Christian Pulisic memperdaya Evans seusai menerima umpan tarik Mason Mount, sayang tembakannya bisa dimentahkan kiper Kasper Schmeichel ke atas mistar gawang.

Pada menit ke-55, Tammy Abraham sempat melesakkan bola ke gawang tuan rumah setelah memanfaatkan umpan Pulisic, tetapi hakim garis segera mengangkat bendera offside dan gol pun dianulir.

Baca juga: Chelsea perpanjang kontrak Marco van Ginkel

Setelah gol Barkley, Leicester berusaha keras menyamakan kedudukan dan hampir melakukannya pada menit ke-85 ketika Caballero gagal mencegat umpan silang Marc Albrighton dan Caglar Soyuncu di tiang jauh berhasil menyundulnya, sayang bola mengenai badan kapten Chelsea Cesar Azpilicueta dan hanya membuahkan sepak pojok.

Chelsea berusaha membunuh pertandingan lebih awal dengan melancarkan serangan balik saat empat lawan dua tetapi tembakan penyelesaian Abraham lagi-lagi dimentahkan Schmeichel.

Waktu kian tipis dan peluang terakhir tuan rumah hadir lewat umpan tarik Chilwell yang disambut tendangan sentuhan pertama Wilfried Ndidi, tetapi bola melayang dari sasaran laiknya kesempatan Leicester untuk bisa melangkah ke babak semifinal, demikian catatan laman resmi Piala FA.

Chelsea sejauh ini menjadi tim semifinalis ketiga setelah Manchester United dan Arsenal, menanti satu tempat lain yang diperebutkan Newcastle United dan juara bertahan Manchester City.

Pengundian juga akan dilakukan dalam jeda istirahat pertandingan yang baru dimainkan di St. James' Park Senin dini hari WIB.

Baca juga: Arsenal susah payah lewati Sheffield United ke semifinal Piala FA
Baca juga: MU butuh babak tambahan untuk lewati 10 pemain Norwich
Baca juga: Final Piala FA dinamai ulang dukung kampanye kesehatan mental


Susunan pemain:

Leicester City (4-1-4-1): Kasper Schmeichel; James Justin, Jonny Evans, Caglar Soyuncu, Benjamin Chilwell; Wilfried Ndidi; Ayoze Perez (Marc Albrighton), Youri Tielemans, Dennis Praet (Hamza Choudhury), Harvey Barnes (Demarai Gray); Jamie Vardy
Pelatih: Brendan Rodgers

Chelsea (4-3-3): Willy Caballero; Reece James (Cesar Azpilicueta), Antonio Ruediger, Kurt Zouma, Emerson; Billy Gilmour (Mateo Kovacic), N'Golo Kante, Mason Mount (Ross Barkley); Willian (Pedro Rodriguez), Tammy Abraham, Christian Pulisic (Ruben Loftus-Cheek)
Pelatih: Frank Lampard

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar