Liga Jerman

Stuttgart promosi ke Bundesliga setelah Hamburg sia-siakan peluang

Stuttgart promosi ke Bundesliga setelah Hamburg sia-siakan peluang

Pada foto arsip 27 Mei 2019 ini para pemain VfB Stuttgart merayakan gol saat penentuan nasibnya di Bundesliga musim 2019/2020 melawan Union Berlin. Setahun kemudian pada 28 Juni 2020, Stuttgart promosi kembali ke Bundesliga musim 2020/2021. (AFP/JOHN MACDOUGALL)

Jakarta (ANTARA) - Stuttgart memastikan promosi ke Bundesliga Jerman meskipun kalah 1-3 melawan Darmstadt Minggu waktu setempat, sedangkan Hamburg menyia-nyiakan peluang masuk lagi liga elite Jerman setelah luluh lantak 1-5 melawan Sandhausen dalam laga playoff.

Mantan striker timnas Jerman Mario Gomez mencetak gol dalam pertandingan terakhirnya untuk Stuttgart yang unggul selisih gol dari tim calon promosi lainnya.

"Ini adalah misi terakhir saya untuk VfB (Stuttgart)," kata Gomez seperti dikutip AFP.

Pemain yang sudah mengumumkan akan gantung sepatu setelah laga ini tersebut meneruskan, "Saya selalu memimpikan untuk menuntaskan karir di sini."

Pemain berusia 34 tahun itu sudah 78 kali membela timnas Jerman dan masuk skuat Jerman saat menjadi runner-up Euro 2008.

Baca juga: Lima momen tak terlupakan Bundesliga musim ini
Baca juga: Klasemen akhir Liga Jerman musim 2019/2020


Stuttgart mengakhiri musim pada posisi kedua di belakang juara divisi dua sepak bola Jerman, Arminia Bielefeld, yang menang 3-0 atas Heidenheim.

Heidenheim sendiri akan menjalani laga playoff untuk menentukan promosi ke liga utama melawan Werder Bremen setelah Hamburg gagal memanfaatkan kekalahan Stuttgart melawan Darmstadt itu.

Hamburg yang langganan Bundesliga sebelum terdepak ke divisi dua pada 2018, hanya butuh satu poin saat menjamu Sandhausen agar berada di atas Heidenheim. Alih-alih klub itu malah hancur 1-5 melawan tim papan tengah divisi kedua Jerman tersebut.

Heidenheim akan bertandang ke Bremen untuk menjalani pertandingan leg pertama playoff mereka Kamis nanti, sedangkan leg kedua dilangsungkan 6 Juli.

Heidenheim tak pernah bermain di Bundesliga, sedangkan Bremen adalah klub yang paling lama bertahan di divisi utama sejak liga ini berdiri pada 1963.

Baca juga: Bundesliga segera finalisasi hak siar lokal dengan harga lebih murah
Baca juga: Haaland dongkol karena Bayern juara

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar