Jinan, China (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Pakar dinosaurus China pada Kamis mengatakan kerangka fosil dinosaurus yang baru ditemukan di Provinsi Shandong, China timur, mungkin kerangka seekor spesis baru dinosaurus.

Kerangka berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1,2 meter, yang ditemukan di Kota Zhucheng, itu telah dikirim ke Akademi Sains China di Beijing untuk penelitian lebih lanjut.

Fosil baru itu menunjukkan dinosaurus berbada lebih kecil dan sangat berbeda dari fosil-fosil dinosaurus yang ditemukan sebelumnya, kata Zhao Xijin, pakar dinosaurus pada Akademi Sains China.

"Itu kemungkinan spesis baru dinosaurus dan merupakan penemuan terbesar sejak eksplorasi berskala-luas ketiga pada Januari 2008, kata Xu Xing, juga pakar dinosaurus di akademi sains tersebut.

Mereka telah menemukan seekor "dinosaurus bermoncong bebek" berukuran panjang 21 meter, dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di dunia, dan merupakan penemuan kerangka dinosaurus raksasa untuk pertama kalinya.

Kota Zhucheng pantas berbangga hati memiliki kerangka fosil dinosaurus terbesar di dunia.

Sebelum penggalian ketiga pada 2008, penggalian terbesar kedua sebelumnya pernah dilakukan di kawasan itu pada 1964 dan 1988.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009