Washington (ANTARA News/AFP) - Amerika Serikat dan China akan menyelenggarakan pembicaraan tahunan tingkat menteri mereka mengenai isu-isu perdagangan dan investasi akhir bulan ini, jelang kunjungan Presiden Barack Obama ke Beijing, kata para pejabat Kamis.

Pertemuan ke-20 Komisi Bersama Perniagaan dan Perdagangan (JCCT) AS-China akan diadakan di timur kota Hangzhou China pada 28-29 Oktober, menurut pernyataan bersama dari kantor Perwakilan Dagang Amerika (USTR) dan Departemen Perdagangan.

Pihak AS akan diwakili oleh USTR, Ron Kirk, Sekretaris Niaga Gary Locke dan Sekretaris Pertanian Tom Vilsack sementara Wakil Perdana Menteri China Wang Qishan akan memimpin tim, kata pernyataan itu.

JCCT, forum tingkat tinggi pemerintah-ke-pemerintah untuk mengatasi isu-isu perdagangan dan investasi, memiliki lebih dari selusin kelompok kerja dan sub-kelompok yang bertemu sepanjang tahun. Sesi terakhir diadakan Yorba Linda, California tahun lalu.

Ketegangan perdagangan antara kekuatan-kekuatan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dengan kedua belah pihak mengambil tindakan terhadap impor-impor lainnya.

Obama menyalakan pertengkaran perdagangan besar pertama masa kepresidenannya bulan lalu, setelah ia mengenakan hukuman atas impor ban buatan China.

Beijing marah mengajukan keluhan pada Organisasi Perdagangan Dunia dan membalas dengan meluncurkan penyelidikan kemungkinan praktek-praktek perdagangan yang tidak adil yang melibatkan impor produk mobil AS dan daging ayam.

Beijing menuduh bahwa Washington bergerak melanggar aturan WTO tetapi Obama telah menyangkal bahwa itu sejumlah proteksionisme.

Pekan lalu, Amerika Serikat melancarkan penyelidikan mengenai apakah akan mengenakanr 100 persen tarif impor pipa baja dari China.

Obama membuat kunjungan presiden pertama ke China pada 15-18 November. Dia akan mengunjungi Shanghai dan Beijing, di mana ia akan mengadakan serangkaian pembicaraan dengan Presiden China Hu Jintao. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009