Kemarin, Kemenhub bantah atur pajak sepeda hingga Gunung Bromo dibuka

Kemarin, Kemenhub bantah atur pajak sepeda hingga Gunung Bromo dibuka

Ilustrasi: Sejumlah warga mengisi hari libur dengan olahraga bersepeda di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (28/6/2020). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai penggunaan sepeda perlu diatur dengan peraturan karena dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak digerakkan oleh mesin dan pengaturannya berada di pemerintah daerah. ANTARA FOTO/Suwandy/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (29/6) mulai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang membantah akan mengatur pajak sepeda hingga wisata Gunung Bromo yang akan segera dibuka.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Kemenhub bantah akan atur pajak sepeda

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantah akan mengatur pajak sepeda seiring dengan banyaknya penggunaan sepeda pada masa normal baru.

“Tidak benar Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda. Yang benar adalah kami sedang menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda. Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


2. Presiden tugaskan tiga menteri dukung program ketahanan pangan

Presiden Joko Widodo memberikan tugas secara khusus terkait ketahanan pangan kepada tiga menteri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa ia mendapatkan tugas dari Presiden untuk mendukung program ketahanan pangan bersama dua menteri lain dalam usaha untuk menciptakan kawasan food estate yang akan menjadi sentra baru ketahanan pangan nasional.

Baca selengkapnya di sini


3. Sri Mulyani sebut penyerapan anggaran kesehatan capai 4,68 persen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan penyerapan anggaran untuk bidang kesehatan dalam rangka pemulihan akibat pandemi COVID-19 baru mencapai 4,68 persen dari total alokasi sebesar Rp87,55 triliun.

“Hari ini kami bisa memberikan update mengenai proses pemulihan ekonomi nasional untuk kesehatan telah mencapai 4,68 persen,” katanya dalam RDP bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


4. BPK perluas audit investigasi kasus Jiwasraya

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memperluas audit investigasi terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya untuk memperbaiki sistem investasi di sektor jasa keuangan dan pasar modal.

“Lingkup auditnya berskala luas dan bertujuan untuk mengungkap konstruksi kasus dan pihak yang bertanggung jawab secara utuh,” kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


5. Gunung Bromo akan dibuka dengan protokol kesehatan ketat

Gunung Bromo menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, yang akan dibuka pertama dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu sesuai dengan petunjuk Bupati Probolinggo P Tantriana Sari untuk menindaklanjuti keputusan dari Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pusat.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Volume angkutan kargo barang yang diprediksi meningkat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar