Dua Kapal AL baru perkuat patroli di perairan Sulawesi

Dua Kapal AL baru perkuat patroli di perairan Sulawesi

Dua unit kapal perang baru yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II-6-65 dan KAL Manakarra II-6-66 akan memperkuat patroli keamanan laut di perairan Sulawesi tiba di Dermaga Layang Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar, Selasa (30/6/2020). ANTARA/HO-Dispen Lantamal VI/am.

Dua kapal itu akan memperkuat patroli keamanan laut di wilayah Lantamal VI, semuanya buatan dalam negeri dari PT Palindo Marine Shipyard Batam
Makassar (ANTARA) - Dua unit kapal perang baru yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II-6-65 dan KAL Manakarra II-6-66 akan memperkuat patroli keamanan laut di periran Sulawesi yang masuk di wilayah Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar.

"Dua kapal itu akan memperkuat patroli keamanan laut di wilayah Lantamal VI, semuanya buatan dalam negeri dari PT Palindo Marine Shipyard Batam," kata Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas saat penyambutan dua KAL tersebut di dermaga Layang Mako Lantamal VI, Selasa.

Menurut Hanarko yang bersama sejumlah pejabat Lantamal VI menyambut kedatangan dua kapal perang tersebut, patut bangga karena untuk penguatan patroli keamanan laut tidak perlu mendatangkan kapal dari luar negeri.

Baca juga: KRI Pulau Rimau-724 jaga perbatasan Indonesia-Filipina

Dia mengatakan, untuk kedua unit kapal perang itu yaitu KAL Talise II-6-65 akan dialokasikan untuk Lanal Palu dan KAL Manakarra II-6-66 untuk Lanal Mamuju.
Sejumlah prajurit TNI AL menyambut dua unit kapal perang baru yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise II-6-65 dan KAL Manakarra II-6-66 yang akan memperkuat patroli keamanan laut di perairan Sulawesi tiba di Dermaga Layang Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar, Selasa (30/6/2020). ANTARA/HO-Dispen Lantamal VI/am.

Lebih lanjut dijelaskan dua KAL 28 M ini, memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, dengan berat 90 ton.

Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knot, dengan kecepatan jelajah 18 knot, dan membawa ABK sebanyak 15 orang, serta mampu berlayar selama 3 hari.

Sedangkan untuk persenjataan dua kapal perang tersebut dilengkapi meriam Rheinmetal 20 MM 1 pucuk di haluan dan meriam 12,7 MM 2 pucuk di geladak isyarat.

Baca juga: Tiga KRI TNI AL latihan manuver taktis di Perairan Makassar

Hanarko mengatakan, KAL Talise II-6-65 dikomandani Lettu Laut (P) Feriyanto akan memperkuat Lanal Palu dan KAL Manakarra II-6-66 dikomandani Kapten Laut (P) B.Wiratama akan bertugas di Lanal Mamuju yang merupakan Pangkalan TNI AL jajaran Lantamal VI Makassar.

Turut hadir dalam penyambutan 2 KAL tersebut, Wadan Lantamal VI, Para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI serta sejumlah Kadis dan Kasatker Lantamal VI.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KRI Badau-841 perkuat patroli pengamanan Lantamal VI Makassar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar