RIB selenggarakan uji rapid dan swab bagi seribu warga Cilincing

RIB selenggarakan uji rapid dan swab bagi seribu warga Cilincing

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandia Uno didampingi Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra (kanan) memantau pelaksanaan rappid test dan swab di Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (30/6/2020). ANTARA/Fauzi Lamboka/am.

Memang masih sangat kurang, tapi kami terus berupaya dan bergerak
Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 menggelar uji cepat dan usap (rapid dan swab test) bagi seribu warga di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa.

Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Semper Barat, dihadiri perwakilan lurah, camat, Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra, serta Ketua Umum RIB Sandiaga (Sandi) Uno.

Baca juga: Sandiaga Uno bantu 4.600 APD bagi tenaga medis RSPI Sulianti Saroso

Sandi mengatakan saat ini para relawan terus bergerak dan bersinergi dengan Pemprov DKI untuk menggelar rapid dan swab test, termasuk memetakan penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta Utara.

“Rapid test akan menjadi bagian dari kenormalan baru,” ujar Sandi.

Sandi mengakui jika serapan anggaran pemerintah untuk kesehatan masih sangat rendah. Sehingga para relawan dengan segala keterbatasan terus bergerak cepat, menambah jumlah rapid test sesuai dengan kemampuan.

Baca juga: RIB lakukan tes cepat COVID-19 sebanyak 25 ribu peserta per hari

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah meyakinkan masyarakat untuk berpartisipasi pada kegiatan program kesehatan,” kata Sandi.

Khusus di Jakarta Utara, Relawan Indonesia Bersatu melaksanakan rapid test seminggu dua kali dengan total warga terjangkau mencapai 20 ribu orang.

“Memang masih sangat kurang, tapi kami terus berupaya dan bergerak,” ujar Sandi,

Baca juga: Sepuluh warga Kramat Jati reaktif COVID-19 berdasarkan tes cepat

Sandi menyatakan para relawan juga siap membantu melaksanakan rapid test di sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami peningkatan kasus. Salah satunya di Provinsi Jawa Timur.

“Relawan kami semuanya siap, jika diminta dari Pemprov dan aparat setempat,” kata Sandi.

Sementara itu, Sekretaris Jakarta Utara Desi Putra berharap kegiatan ini dijadikan contoh buat yang organisasi lainnya, untuk melawan virus corona dan bukan hanya tugas pemerintah saja.

“Kita butuh peran aktif dari seluruh elemen masyarakat, khususnya masyarakat itu sendiri yang mau terus menjaga pola hidup sehat,” harap Desi.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sandiaga Uno nilai bantuan tunai efektif selamatkan rakyat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar