178 pedagang Pasar Sunter Podomoro ikuti tes cepat

178 pedagang Pasar Sunter Podomoro ikuti tes cepat

Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarko melihat proses tes cepat dan uji usap virus corona (COVID-19) di Pasar Bambu Kuning, Jakarta Utara, Rabu (24/5/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 178 pedagang Pasar Sunter Podomoro di Kelurahan Sunter Agung, Jakarta Utara, mengikuti tes cepat untuk mendeteksi virus corona (COVID-19), Selasa.

"Targetnya 200 pedagang," kata Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarko di Jakarta.

Danang menjelaskan ratusan pedagang antusias mengikuti tes yang difasilitasi tenaga medis dari Puskesmas Tanjung Priok. Sesuai prosedur, bila ditemukan pedagang yang positif reaktif, maka dilanjutkan dengan uji usap.

"Kalau warga saya positif, saya tinggal koordinasikan dengan RT/RW untuk melakukan pengawasan karantina, baik di rumah sakit maupun di rumah pribadi mereka," kata Danang.

Namun bila ternyata pedagang tersebut warga di luar Sunter Jaya, pihak Puskesmas yang melakukan koordinasi dengan kelurahan tempat pasien tinggal.

Baca juga: 100 karyawan Ragunan jalani tes cepat deteksi COVID-19
Baca juga: Wagub DKI: Capaian tes PCR di Jakarta di atas standar WHO


Seorang pedagang, Yati mengatakan antusias mereka ingin mengikuti pemeriksaan itu karena ingin memastikan kesehatannya dan juga kalau dirinya bebas dari COVID-19. "Kita pedagang dan banyak kontak dengan orang," ujarnya.

Dia mengaku tidak khawatir dan takut untuk mengikuti pemeriksaan itu dan berharap hasilnya negatif.

Kepala Puskesmas Tanjung Priok, Sumardi mengatakan. lima pedagang menunjukkan reaktif. Selanjutnya mereka dilakukan uji usap sesuai protokol COVID-19.

"Hasil uji menunggu pemeriksaan laboratorium kesehatan, maksimal hasilnya 9 hari baru dapat diketahui," kata Sumardi.

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

169 pedagang Pasar Bambu Kuning jalani tes COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar