Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak delapan penulis cilik Surabaya yang tergabung dalam Kelab Penulis Cilik (KPC), Minggu, meluncurkan kumpulan cerita pendek (cerpen) di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Jln Pemuda, Surabaya.

"KPC baru didirikan pada 1 Juli 2009, tapi kami sudah menghasilkan dua novel, dua cergam, dan sebuah kumpulan cerpen," kata Humas KPC, Lita, di sela-sela peluncuran buku kumpulan cerpen yang dimeriahkan dengan lomba menulis cerita SD-SMP itu.

Menurut dia, anggota KPC, Amirullah Izzan Ghafara (11), yang sekolah di SDN dr Soetomo 5 Surabaya, meluncurkan novel bertajuk "Pahlawan Penyelamat Mimpi."

"Dua novel yang juga diluncurkan adalah karya Nida Fahima Amatullah (10) yang sekolah di SDI Lukmanul Hakim dengan judul karyanya `The World of Chocolate`," katanya.

Dua cergam bi-lingual yang diluncurkan karya dua siswa SD Ciputra yakni "Princess Stella and The Witch" yang dikarang Oneyda (7), serta "Frienship Forever" yang dikarang Keyla (6).

Sementara itu, delapan penulis cilik yang meluncurkan kumpulan cerpen bertajuk "Warna Warni Ceritaku Untukmu" adalah Laksmi Renanintyas (11) dari SD Muhammadiyah Pucang.

Selain itu, M Hirzan Dzulfikar (11) dari SD Al-Hikmah Surabaya, Raisa Chilmia Arrosyada (10) dari SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Nadhifa Ayu Shafirra (10) dari SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, dan Rara Amorita Miranda (9) dari SD Al-Hikmah Surabaya.

Penulis lain lagi, Eunike Devina (9) dari SD Kristen Pelangi Petrus, Tiara Millennia Ratno (10) dari SD Sekolah Alam Insan Mulia, dan Amirullah Izzan Ghafara (11) dari SDN dr Soetomo 5 Surabaya.

"Peluncuran buku kumpulan cerpen, novel, dan cergam bi-lingual itu dimeriahkan dengan lomba menulis cerita ala kadarnya untuk siswa SD dan SMP yang diikuti 90 peserta," katanya.

Acara peluncuran juga diisi dengan "Kelas Menulis" dengan pengajar Bunda Sofie Beatrix, Bunda Rara, dan Bunda Maria.

"Selama ini, KPC yang bekerja sama dengan Penerbit Bian (Bina Ilmu Ananda) dan ASA Media Literatur Agency itu memiliki kelas menulis saat liburan anak dan pertemuan satu bulan sekali dengan markas di Magnet Zobe Jl BK Pelajar Surabaya," katanya.

Selain itu, KPC bersama Bian dan ASA Media juga aktif melakukan diskusi penulis cilik dengan berbagai pelajar di toko-toko buku di Surabaya.(*)

Oleh
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009