Google pastikan pesaing AirDrop segera meluncur

Google pastikan pesaing AirDrop segera meluncur

Ilustrasi Android (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Setelah berbulan-bulan kabar beredar, Google akhirnya memastikan bahwa fitur "Nearby Share," yang merupakan pesaing dari fitur serupa "AirDrop" milik Apple segera diluncurkan.

Saat ini, beberapa pengguna Android bahkan dilaporkan sedang menguji coba versi beta dari fitur tersebut.

"Kami saat ini sedang melakukan uji beta dari fitur baru Nearby Share yang kami rencanakan untuk berbagi lebih banyak informasi dalam waktu dekat," ujar Google kepada Android Police, dikutip dari The Verge, Rabu.

Baca juga: Google otomatis hapus data setelah 18 bulan

Baca juga: Google Photos tak lagi cadangkan folder media sosial secara default


"Tujuan kami adalah meluncurkan fitur tersebut dengan dukungan untuk perangkat Android 6+ serta platform lainnya," Google menambahkan.

Fitur tersebut mulai muncul di Chrome OS Canary builds awal bulan ini, yang menunjukkan bahwa fitur tersebut juga akan berfungsi pada Chromebook.

Nearby Share terlihat berfungsi sebagai AirDrop Apple versi Android. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk secara cepat dan nirkabel mentransfer file foto, video, juga tautan, serta antara ponsel Android terdekat.

Untuk pengamanan, orang-orang tidak dapat menggunakan Nearby Share untuk mengirim file kepada orang asing. Pengguna harus mengatur fungsi dan membuat ponsel mereka "terlihat" (dapat dilakukan lewat Pengaturan Cepat) sebelum dapat menerima konten, dan harus secara manual mengonfirmasi penerimaan file sebelum file itu dapat dibuka.

Samsung telah memiliki fitur serupa yang dinamai Quick Share, yang memungkinkan pengguna mengirim file ke lima teman sekaligus. Namun, keuntungan dari Nearby Share dapat bekerja pada produk Android dari brand apapun, sementara Quick Share saat ini hanya terbatas pada sesama perangkat Samsung.

Baca juga: Google mulai perketat iklan terkait pemilu Amerika Serikat

Baca juga: Google kembangkan fitur deteksi telepon spam

Baca juga: Google Meet tambah fitur baru mirip Zoom

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

INDEF dukung pemerintah pungut PPN Google, Amazon, Netflix, dan Spotify

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar