Budaya hidup sehat jadi panglima cegah infeksi COVID-19, sebut PDEI

Budaya hidup sehat jadi panglima cegah infeksi COVID-19, sebut PDEI

Ketua Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia (PDEI) dr Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT (FOTO ANTARA/HO- Dok pri)

Dalam kondisi pandemi, kesehatan menjadi panglim
Jakarta (ANTARA) - Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dr Moh Adib Khumaidi, Sp.OT mengatakan budaya hidup sehat dan memperkuat sistem imun tubuh menjadi panglima utama dalam mencegah infeksi virus, termasuk virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

"Dalam kondisi pandemi, kesehatan menjadi panglima," kata Adib dalam seminar virtual bertajuk "Tangguh Hadapi "New Normal" bersama H2 Cordyceps" di Jakarta, Selasa.

Adib menyatakan bahwa harus diterima kenyataan bahwa mau tidak mau kini semua orang harus hidup berdampingan dengan keberadaan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Menerima kenyataan itu, kata dia, harus direspons dengan memiliki kesadaran akan gaya hidup sehat dan mengubah lanskap kesehatan.

"Kesadaran akan budaya hidup sehat ini yang harus ada," kata Adib.

Ia mengatakan di masa normal baru (new normal), setiap orang harus mempunyai strategi untuk menjaga kesehatannya, termasuk dengan menjaga daya tahan tubuh dan melakukan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Bagaimana pun masyarakat paling tidak mengamankan dirinya, orang dekatnya, keluarganya, dan rekan-rekannya," katanya.

Ia menyatakan protokol kesehatan merupakan sesuatu yang biasa dalam menghadapi pandemi. Masyarakat didorong untuk mampu beradaptasi mengantisipasi kondisi akibat penyakit menular.

Sampai saat ini, belum diketahui secara komprehensif tentang karakteristik virus SARS-CoV-2. Vaksin untuk mencegah infeksi virus itu dan obat spesifik COVID-19 juga belum ditemukan.

Oleh karenanya, masyarakat harus memiliki dan membangun persepsi yang sama, yakni mengedepankan tindakan pencegahan, di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Upaya-upaya lain adalah sering mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah jika tangan tidak dalam kondisi bersih, beristirahat yang cukup, tidak merokok, makan makanan bergizi, serta mengkonsumsi suplemen tambahan atau vitamin bila perlu, demikian Moh Adib Khumaidi.

Baca juga: Soal belajar dan bekerja dari rumah, PDEI: Masyarakat harus patuhi itu

Baca juga: PDEI: Komunikasi dengan negara endemik penting lacak potensi Covid-19

Baca juga: PDEI-MHKI minta pemerintah umumkan daerah terjangkit COVID-19

Baca juga: PDEI minta pemerintah perhatikan alat proteksi tenaga medis

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar