Jakarta, 19/10 (ANTARA) - Calon kuat menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kabinet periode mendatang, Darwin Zahedy Saleh mengaku siap menjalankan amanah yang diminta presiden terpilih, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya siap," katanya dalam pesan singkatnya di Jakarta, Senin.

Menurut Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan DPP Partai Demokrat tersebut, dirinya belum bisa memberikan komentar lebih banyak sampai pelantikan kabinet yang direncanakan 22 Oktober 2009.

"Nanti, kita berkomunikasi lagi setelah tanggal 22 Oktober," ujarnya.

Pada Minggu (18/10), Darwin menjalani wawancara sebagai calon menteri yang digelar presiden dan wakil presiden terpilih periode 2009-2014, Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono di kediaman Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jabar.

Darwin merupakan satu dari 14 calon menteri yang menjalani tes wawancara, setelah pada pada Sabtu (17/10), sebanyak 16 calon menteri lainnya telah menjalani tahapan tersebut.

Para calon tersebut, juga menandatangani pakta integritas dan kontrak kinerja yang berisi kesanggupan menjalankan tugas terukur selama 100 hari kerja, satu tahun, dan lima tahun.

Pada Senin ini, Darwin bersama calon menteri lainnya akan menjalani tes kesehatan dan kejiwaan yang dilaksanakan di Rumah Sakit TNI Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Darwin menjadi satu dari sejumlah nama baru yang menjadi calon menteri kabinet periode 2009-2014.

Sebelumnya, usai wawancara, Darwin mengatakan, presiden dan wakil presiden terpilih, Yudhoyono dan Boediono menanyakan kesediaan dan kesiapannya meningkatkan target pertumbuhan, indikator kesra, dan investasi.

Menurut dia, peningkatan investasi memerlukan kesiapan infrastruktur dan juga ketersediaan pasokan energi.

Saat ini, Darwin juga merupakan dosen sekaligus staf ahli dekan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) serta bekerja di berbagai bidang keuangan, perbankan dan lembaga konsultan manajemen.

Lahir di Riau, 29 Oktober 1960, pendidikan terakhir Darwin adalah S3 dari program doktor FEUI, setelah sebelumnya menempuh S2 bidang Administrasi Bisnis di Middle Tennessee State University (MTSU), Tennessee, AS, dan S1 Ilmu Ekonomi di FEUI.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009