HUT Ke-74 Bhayangkara secara virtual dan sederhana

HUT Ke-74 Bhayangkara secara virtual dan sederhana

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz (kanan) menyapa peserta upacara secara virtual dalam Peringatan Ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/aww.

Selamat pagi, sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menjadi inspektur upacara secara virtual pada HUT Ke-74 Bhayangkara yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhayangkara biasanya diselenggarakan di tempat terbuka, dengan dimeriahkan berbagai kegiatan seperti atraksi personel TNI/Polri.

Kali ini peringatan HUT Ke-74 Hari Bhayangkara dilakukan sederhana secara virtual guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol keamanan yang ketat.

Baca juga: Presiden Jokowi cek keamanan enam kabupaten pada Hari Bhayangkara

Meskipun dilaksanakan secara virtual, Presiden Jokowi tetap menyempatkan diri menyapa sejumlah Kapolres dari Sabang sampai Merauke melalui video conference.

"Selamat pagi, sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74," ujar Presiden seusai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Ke-74 Hari Bhayangkara di Istana Negara.

Kepada Kapolres Sabang, Aceh dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Presiden secara khusus menanyakan potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

Menurut para Kapolres, sejauh ini kondisi masih aman dan terkendali.

Kepada Kapolres Talaud, Sulawesi Utara; Kapolres Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur; Kapolres Gunung Kidul, Yogyakarta dan Kapolres Merauke, Papua, Kepala Negara menanyakan kondisi keamanan, hingga penanganan COVID-19 di wilayah itu.

Para Kapolres di wilayah itu pun menyampaikan situasi masih kondusif dan penyebaran COVID-19 masih dapat dikendalikan.

Baca juga: Presiden minta Polri, Kejaksaan, KPK, lembaga pengawas perkuat sinergi

Tampak dalam layar, para Kapolres bahagia dan bangga dapat berbicara dan melaporkan langsung keamanan wilayahnya kepada Presiden, meskipun hanya melalui video conference.

Adapun dalam amanatnya pada upacara peringatan Ke-74 Hari Bhayangkara, Presiden menekankan dalam situasi pandemik yang sulit sekarang ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan.

Presiden meminta jajaran Mabes Polri, Polda, Polres, Polsek hingga babinkamtibmas di desa-desa untuk ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial serta tidak melupakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, aman dan damai.

Presiden juga menyampaikan potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri yang perlu diwaspadai terutama menjelang pelaksanaan plkada Serentak Desember 2020.

Presiden mengerti selain tugas yang sama yang pernah dilakukan pada 2017 dan 2019, tugas Polri, termasuk juga TNI, penyelenggara dan pengawas pemilu kali ini bertambah karena juga harus menjaga protokol kesehatan.

"Saya tahu tugas ini tidak mudah namun saya yakin Polri, TNI serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Presiden anugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya

Baca juga: Presiden Jokowi: Keterlibatan Polri tangani COVID-19 sangat dibutuhkan

Baca juga: Presiden ucapkan selamat Hari Bhayangkara untuk keluarga besar Polri

Baca juga: Presiden beri tujuh instruksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Polri

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta penurunan kasus stunting difokuskan di 10 provinsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar