Pemprov NTT kirim dokter tangani pasien COVID-19 di Sumba

Pemprov NTT kirim dokter tangani pasien COVID-19 di Sumba

Kepala Dinas Kesehatan NTT Dominikus Minggu Mere. ANTARA/Benny Jahang

Hal itu terbukti pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di dua daerah itu juga merupakan PMI yang baru pulang dari luar negeri
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengirim seorang dokter ke Pulau Sumba untuk membantu penanganan pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Barat Daya yang sedang dalam perawatan medis di rumah sakit setempat.

Terkait upaya Pemprov NTT dalam mempercepat penanganan pasien positif COVID-19, Kepala Dinas Kesehatan NTT Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang Rabu mengatakan tenaga dokter yang diperbantukan ke Pulau Sumba itu memiliki pengalaman menangani pasien positif COVID-19 di wisma Atlet Jakarta.

Baca juga: Dinkes minta tenaga medis berhati-hati tangani pasien COVID-19

Dikatakannya, sebelum diperbantukan ke Pulau Sumba, dokter bersangkutan menangani pasien positif COVID-19 di Kabupaten Nagekeo dan hasilnya satu dari tiga pasien positif COVID-19 di daerah itu dinyatakan sembuh.

Dominikus menambahkan selama berada di Pulau Sumba dokter asal Jakarta itu akan membantu menangani lima orang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat empat orang dan satu orang di Sumba Barat Daya.

Baca juga: Iptu Zainuddin Ashari siaga 24 jam tangani pasien COVID-19

Ia juga mengingatkan agar warga NTT untuk mewaspadai terjadinya penularan virus COVID-19 melalui para pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari sejumlah negara yang telah terpapar COVID-19.

Potensi penularan melalui PMI yang pulang dari luar negeri sangat besar seperti yang terjadi di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat.

Baca juga: TNI AU di Wamena bantu tangani pasien COVID-19

"Hal itu terbukti pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di dua daerah itu juga merupakan PMI yang baru pulang dari luar negeri," tegasnya.

Ia berharap masyarakat NTT tetap waspada terhadap potensi terjadinya penularan COVID-19 melalui para pekerja asal NTT yang baru pulang dari luar negeri.

"Apabila diketahui ada PMI yang menderita sakit agar segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan," kata Dominikus.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tertahan di Pelabuhan Lembar,  puluhan penumpang asal NTT berharap bisa segera pulang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar