Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono berpesan kepada penggantinya agar tetap menjaga Departemen Pertahanan yang transparan, akuntabel dan netral. "Yang penting juga hubungan Departemen Pertahanan dan Mabes TNI berjalan baik," ujarnya di Jakarta, Senin.

Jowono mengatakan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di Departemen Pertahanan. "Jadi siapa pun yang menjadi menteri pertahanan harus berprinsip transparan, akuntabel dan netral," pesannya.

Menurut dia, saat ini masih banyak aturan perundangan terkait pertahanan yang tumpang tindih, termasuk terkait perencanaan anggaran dan lainnya.

Juwono mengatakan, Departemen Pertahanan kini telah memiliki sistem dan alur perencanaan dan pengadaan alat utama sistem senjata seperti adanya Dealing Center Management (DCM) dan adanya tim evaluasi.

"Ini untuk menjaga transparansi, akuntabilitas dan netralitas Departemen Pertahanan," katanya.

Posisi Menhan pada kabinet mendatang diperkirakan akan ditempati oleh kolega Juwono Sudarsono yakni Purnomo Yusgiantoro yang menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada KIB jilid I.

Usai menjalani uji kelayakan di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Puri Cikeas Indah, Bogor, Senin, Purnomo mengaku dalam wawancara dengan Presiden Yudhoyono membahas mengenai sistem pertahanan nasional.

"Tadi diskusi dengan Persiden Yudhoyono soal sistem pertahanan nasional, termasuk perjalanan reformasi TNI 10 tahun ini," katanya.

Menurut Purnomo juga dibahas netralitas TNI, sistem kesejahteraan prajurit dan kelanjutan bisnis TNI."Undang-undang yang belum selesai terkait pertahanan yaitu UU peradilan militer, terorisme dan Hankamnas juga harus menjadi perhatian," ungkapnya.

Ia menambahkan, lingkungan strategis pertahanan di tingkat internasional dan regional juga menjadi pembahasan bersama Presiden yang didampingi Wapres terpilih Boediono."Jadi bukan soal pertahanan nasional saja," katanya.

Ketika ditanya apakah ia yang selama ini dalam tiga pemerintahan menjabat Menteri ESDM, sanggup menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan, Purnomo mengatakan bahwa ia saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhannas.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009