Erick Thohir ungkap makna dibalik perubahan logo kementerian BUMN

Erick Thohir ungkap makna dibalik perubahan logo kementerian BUMN

Logo baru BUMN. ANTARA/HO-Humas Kementerian BUMN/am.

Kita juga ingin menguatkan karakter dari logo baru, kita juga perlu pondasi kuat, sebuah nilai yang jadi panduan kita untuk bergerak
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir  mengungkapkan makna dibalik perubahan logo kementerian, bahwa hal itu menunjukkan semangat baru di lingkungan BUMN.

"Tentu ini menjadi semangat baru buat kita di BUMN. Saya gak mau perubahan logo hanya pencitraan tetapi ada maknanya, dengan logo ini kita berharap transformasi harus terus dijalankan dengan baik-baik. Saya sebagai pimpinan akan terdepan mendukung bapak-bapak melaksanakan transformasi ini," ujar Menteri Erick Thohir dalam sambutan peluncuran logo baru Kementerian BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Secara visual, lanjut Erick Thohir, logo baru itu terlihat modern dan milenial yang menunjukkan bahwa penduduk Indonesia saat ini merupakan usia muda.

"Tentu yang tak kalah penting juga kalau kita lihat ini gaya visual agak modern, bukan kita mau memudakan diri kita, tapi realitas 62 persen penduduk Indonesia ini muda," ucap Erick Thohir.

Dalam kesempatan itu ia meminta kepada direksi senior untuk menjadi mentor bagi direksi yang usianya relatif lebih muda.

"Jadi mohon maaf, saya minta juga kepada dirut kalau ada direksi-direksi baru yang muda-muda tolong jadi mentor yang baik, karena itu bagian dari komitmen. Saya tidak segan mengangkat direksi muda bukan buat gaya-gayaan tapi ini bagian transformasi. Kita sebagai pemimpin ada waktu dan umurnya. Kita harus beri kesempatan yang muda untuk jadi generasi penerus," kata Erick Thohir.

Baca juga: Kementerian BUMN beri kesempatan milenial berkompeten jabat BOD BUMN

Logo terbaru Kementerian BUMN itu menampilkan simbol negara Burung Garuda dengan tulisan Kementerian BUMN dalam gaya visual kontemporer.

Bentuk kontemporer dinilai membawa semangat profesionalisme yang dinamis, adaptif dan progresif dari insan Kementerian BUMN untuk membawa BUMN menjadi pelaku usaha kelas dunia.

Sementara bentuk huruf yang digunakan dalam logo adalah Lato, dipilih karena merefleksikan semangat profesionalisme institusi modern yang menggabungkan ketaatan pada nilai-nilai baku sesuai aturan yang berlaku, dengan semangat progresif yang memiliki fleksibilitas dan sentuhan humanis.

Sedangkan huruf BUMN menggunakan corak berwarna Biru Tua yang mencerminkan sifat bijak dan biru muda yang mencerminkan sifat progresif palet warna dalam identitas terinspirasi dari warna biru laut dan langit Indonesia. Biru mencerminkan keterbukaan, inovasi, inspirasi dan imajinasi.

Perpaduan biru tua dan biru muda mencerminkan perpaduan kebijakan/ kedewasaan berpikir/ bertindak dengan semangat inovasi berorientasi pada masa depan.

"Kita juga ingin menguatkan karakter dari logo baru, kita juga perlu pondasi kuat, sebuah nilai yang jadi panduan kita untuk bergerak," kata Erick Thohir.

Baca juga: Menteri Erick: Pemilihan direksi BUMN berdasarkan kebutuhan
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ombudsman surati Presiden untuk copot komisaris BUMN rangkap jabatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar