Bogor (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Senin sore menyelesaikan proses pemanggilan serta uji kelayakan calon menteri yang akan menduduki posisi di Kabinet Indonesia Bersatu II.

Juru bicara kepresidenan Andi Mallarangeng dalam keterangan pers di Puri Cikeas, Bogor, Senin sore, mengatakan proses pemanggilan dan uji kelayakan yang berlangsung sejak Sabtu (17/10) hingga Senin (19/10) telah dilakukan terhadap 36 calon menteri.

"Seluruh proses fit and proper test (uji kelayakan dan dan kepatutan) sudah selesai dilakukan dan dari enam yang diundang hari ini, sebagian langsung mengikuti tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto (Jakarta)," kata Andi.

Meski demikian, menurut Andi, masih ada satu nama lagi yang akan melakukan uji kelayakan pada Selasa (20/10), yaitu Kuntoro Mangkusubroto. Proses itu, kata Andi, akan dilakukan Presiden Yudhoyono di Istana Presiden.

Andi tidak menyebutkan posisi yang akan ditempati oleh Kuntoro, namun ketika wartawan menyebutkan Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program Kebijakan dan Reformasi (UP3R) yang dibentuk melalui Inpres No 17/2006 tanggal 29 September 2006, calon menteri negara pemuda dan olahraga itu hanya menganggukkan kepala.

Ia mengatakan pemanggilan Kuntoro dilaksanakan Selasa (20/10)  karena pada Senin malam  Presiden Yudhoyono akan menyiapkan pidato yang akan disampaikan usai pelantikannya menjadi presiden periode 2009-2014 pada sidang paripurna MPR padaSelasa (20/10) pukul 10:00 WIB.

"Dan itu setelah pelantikan, nanti akan ada semacam acara pemberian selamat di Istana dari sejumlah tamu-tamu negara dan kepala pemerintahan negara sahabat yang hadir," katanya.

Andi menjelaskan, dari 36 nama calon menteri yang sudah dipanggil, 90 persen sudah bisa dipastikan akan masuk ke dalam anggota kabinet Indonesia Bersatu II, namun masih terbuka kemungkinan adanya perubahan terutama terkait masalah kesehatan atau masalah hukum.

"Yang jelas kepastiannya baru bisa disebutkan setelah pengumuman oleh Presiden," katanya.

Andi menambahkan bahwa jumlah menteri memang hanya 34 sehingga dua orang lainnya dari yang dipanggil akan mengisi posisi tertentu yang nanti akan disampaikan langsung oleh presiden.

Sejak Senin (19/10) siang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memanggil enam orang calon menteri masing-masing Marty Natalegawa, Purnomo Yusgiantoro, Fadel Muhammad, Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Armida Alisjahbana, Fredy Numberi dan Suswono.

Marty Natalegawa, Purnomo Yusgiantoro, Fadel Muhammad, Suswono telah menyelesaikan proses uji kelayakan. Marty diperkirakan menempati pos Menteri Luar Negeri, Purnomo Yusgiantoro diperkirakan menempati pos Menteri Pertahanan, Fadel Muhammad diperkirakan menempati pos Menteri Kelautan dan Perikanan dan Suswono diperkirakan menjadi Menteri Pertanian dan Armida Alisjahbana diperkirakan menempati posisi Meneg Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Pada Sabtu yang mendapat giliran menjalani uji kelayakan adalah Djoko Suyanto, Hatta Radjasa, Agung Laksono, Sudi Silalahi, Gamawan Fauzi, Sri Mulyani, Muhammad Nuh, Suryadharma Ali, Mari Elka Pangestu, Syarif Hassan, Tifatul Sembiring, Sutanto, Salim Segaf Al-Jufri, Jero Wacik, Muhaimin Iskandar serta Andi Mallarangeng.

Sementara pada Minggu, figur yang menjalani uji kelayakan adalah Djoko Kirmanto, Darwin Zahedy Saleh Ketua DPP Partai Demokrat bidang ekonomi, Ketua Kadin Indonesia MS Hidayat, guru besar Universitas Lambung Mangkurat Gusti Muhamad Hatta, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PKS Suharna Surapranata dan Ketua Kowani Linda Agum Gumelar.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009