Microsoft umumkan desain baru menu "Start" Windows 10

Microsoft umumkan desain baru menu "Start" Windows 10

Microsoft umumkan desain baru menu "Start" Windows 10 (blogs.windows.com)

Jakarta (ANTARA) - Microsoft memperkenalkan desain menu Start baru Windows 10 yang akan mengurangi penekanan tampilan menu kotak-kotak yang ada selama ini.

Raksasa perangkat lunak itu pertama kali mengisyaratkan adanya desain yang diperbarui pada awal tahun ini, dan kini mulai melakukan uji coba desain baru untuk Windows 10 tersebut.

"Kami sedang menyegarkan menu Start dengan desain yang lebih ramping yang menghilangkan pelat warna solid di dalam daftar aplikasi dan menerapkan latar belakang warna ang sebagian seragam," ujar Microsoft dalam postingan blog, dikutip dari The Verge, Kamis.

Pada dasarnya, pengurangan warna solid pada antarmuka daftar kotak menu Start akan sedikit menyederhanakan tampilan dan membuatnya lebih mudah untuk memindai aplikasi yang digunakan setiap hari. Ini adalah perubahan ringan, namun membuat menu Start terlihat sedikit tidak semrawut dan menghindari banyak kotak daftar menu dengan warna biru yang sama.

Di samping menu Start yang diperbarui, Windows 10 build terbaru menyertakan beberapa perubahan besar pada Alt-Tab.

Baca juga: Microsoft tutup toko ritel di seluruh dunia

Baca juga: Microsoft rilis pratinjau aplikasi antivirus Android


"Dimulai dengan build hari ini, semua tab yang terbuka di Microsoft Edge akan mulai muncul di Alt-Tab, bukan hanya yang aktif di setiap jendela browser," jelas Microsoft.

Perubahan ini mungkin sedikit membingungkan bagi pengguna lama Windows, namun Microsoft kini memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman kalsik Alt-Tab.

Sebelumnya, Microsoft pernah bereksperimen dengan perubahan Alt-Tab di Windows 10 ketika perusahaan berencana untuk menambahkan tab ke setiap aplikasi. Kemungkinan akan ada banyak tanggapan seputar perubahan Alt-tab, terutama jika Microsoft berencana untuk mengaktifkan ini secara default ketika pembaruan besar Windows 10 dirilis akhir tahun ini.

Microsoft juga membuat beberapa perubahan kecil dengan build Windows 10 baru. Tampilan taskbar default kini juga akan dipersonalisasi dengan aplikasi Xbox disematkan untuk pengguna Xbox Live atau aplikasi Your Phone disematkan untuk pengguna Android.

Pembaruan ini akan terbatas pada pembuatan akun baru pada PC atau login pertama, sehingga tata letak taskbar yang ada akan tetap, tidak berubah.

Pembaruan lainnya termasuk notifikasi kini dilengkapi dengan X di sudut kanan atas, sehingga memungkinkan pengguna dengan cepat mengabaikannya. Selain itu, Microsoft juga meningkatkan aplikasi Pengaturan di Windows 10.

Tautan yang biasanya akan mengarahkan ke bagian sistem pada halaman Control Panel kini akan mengarahkan pengguna ke halaman Tentang di Pengaturan.

Pengaturan juga akan menampung kontrol yang lebih banyak yang biasanya ditemukan di bagian sistem Control Panel, dan Microsoft menjanjikan "akan ada lebih banyak perbaikan yang datang yang selanjutnya akan membawa Pengaturan lebih dekat ke Control Panel."

Baca juga: Microsoft tutup "streaming" Mixer, alihkan pengguna ke Facebook Gaming

Baca juga: Untuk kalahkan WhatsApp dan Zoom, Microsoft siapkan Teams personal

Baca juga: Microsoft hubungkan Teams dan Skype, pengguna bisa saling mengobrol

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden berencana buat regulasi terkait data center

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar