Frankfurt (ANTARA News/AFP) - Volkswagen, pembuat mobil Eropa terbesar, mengatakan Selasa akan membeli 49,9 persen dari pembuat mobil sport mewah Porsche pada akhir tahun ini, sekitar 3.9 miliar euro (5,8 milyar dolar AS).

Sampai sekarang, sebuah pernyataan VW mengatakan telah berusaha untuk memperoleh 42 persen dari Porsche dalam langkah pertama penggabungan penuh kedua perusahaan.

Peningkatan pembelian saham "mencerminkan perkembangan positif ... diskusi antara Volkswagen dan Porsche," katanya menambahkan.

VW direncanakan untuk membiayai operasi dengan meningkatkan modal sekitar 10 miliar euro pada tahun 2014, dengan pencairan tahap pertama diluncurkan pada paruh pertama 2010.

Pada bulan Agustus, VW mengakhiri bulan-bulan ketegangan dengan Porsche melalui pengumuman pihaknya akan mengambil alih Porsche secara bertahap selama transaksi kompleks yang diharapkan berakhir beberapa tahun.

Kalender secara keseluruhan tidak berubah dan penggabungan akhir kedua kelompok masih diharapkan terjadi pada tahun 2011, kata VW. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009