Jakarta (ANTARA News) - Pengukuhan atlet yang akan mewakili Indonesia di SEA Games XXV Laos menunggu penetapan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Memang benar, pengukuhan atlet akan dilakukan setelah presiden menentukan Menpora baru. Rencananya pengukuhan atlet akan dihadiri juga oleh presiden," kata Ketua Umum KONI Rita Subowo di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pengukuhan atlet merupakan tradisi yang dilakukan sebelum seluruh kontingen berangkat lokasi pertadingan yang dalam hal ini SEA Games XXV Laos yang rencananya digelar Desember 2009.

Presiden SBY meski telah dilantik menjadi presiden periode 2009-2014 hingga saat ini belum mengumumkan susunan kabinet yang akan membantunya.

Wacana yang berkembang saat ini, Menpora yang sebelumnya di pimpin oleh Adhyaksa Dault akan diganti oleh Juru Bicara Presiden Andi Malaranggeng.

"Pengukuhan atlet akan dilaksanakan tujuh hari sebelum seluruh kontingen diberangkatkan," katanya disela perkenalan atlet dengan Chef de Mission (CDM) Sea Games Alex Nurdin di gedung KONI.

Berdasarkan laporan dari Ketua Sport Development KOI Pusat, Djoko Pramono, jumlah atlet yang akan dibarangkatkan ke SEA Games Laos sebanyak 341 atlet.

Ke-341 atlet tersebut merupakan seluruh gabungan atlet yang dipersiapkan termasuk 155 atlet yang selama ini dibina dan dibiayai oleh Program Atlet Andalan (PAL).

"Ada 91 atlet junior yang diberangkatkan. Atlet-atlet ini diproyeksikan untuk Sea Games 2011 mendatang," katanya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, secara kuantitas jumlah atlet yang dikirim ke Sea Games Laos lebih sedikit dibandingkan saat Sea Gemas 2007 di Thailand yaitu 586 atlet.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009