Wall Street dibuka melambung, Indeks Dow Jones naik di atas 355 poin

Wall Street dibuka melambung, Indeks Dow Jones naik di atas 355 poin

Para pialang sedang bekerja di lantai Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat. (Reuters)

New York (ANTARA) - Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada pembukaan perdagangan Kamis pagi waktu setempat, setelah data ekonomi menunjukkan penambahan 4,8 juta pekerjaan pada Juni.

Tak lama setelah bel pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 355,89 poin,atau 1,38 persen menjadi 26.090,86.

Indeks S&P 500 meningkat 36,20 poin atau 1,16 persen menjadi 3.152,06 dan Indeks Komposit Nasdaq bertambah 114,22 poin atau 1,12 persen menjadi 10.286,85.

Semua 11 sektor utama Indeks S&P 500 diperdagangkan dengan catatan optimis, sektor energi naik 2,7 persen memimpin kenaikan pada perdagangan pagi.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan, Kamis, total pekerjaan penggajian nonpertanian AS meningkat sebesar 4,8 juta pada Juni, mengalahkan konsensus pasar.

Tingkat pengangguran turun menjadi 11,1 persen dari 13,3 persen pada Mei. Menurut Dow Jones, ekonom memperkirakan tingkat pengangguran12,4 persen.

"Perbaikan pada pasar tenaga kerja mencerminkan berlanjutnya kembali kegiatan ekonomi yang telah dibatasi pada Maret dan April karena pandemi virus corona dan upaya untuk mengendalikannya," kata biro itu dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu Departemen Tenaga Kerja mengatakan dalam laporan terpisah yang dirilis pada hari Kamis, klaim awal pengangguran AS tercatat 1,427 juta dalam pekan yang berakhir 27 Juni. Ekonom yang disurvei oleh MarketWatch memperkirakan 1,4 juta klaim baru.

Saham-saham di AS ditutup beragam pada hari Rabu, setelah reli yang kuat pada kuartal kedua yang membuat rata-rata indeks utama mencetak kuartal terbaik mereka dalam beberapa dekade. Pasar A.S. akan ditutup pada hari Jumat untuk libur 4 Juli.

Baca juga: S&P, Nasdaq menguat didukung harapan vaksin dan data ekonomi positif
Baca juga: Wall Street dibuka naik setelah investor cerna data penggajian di AS
Baca juga: Nikkei Jepang dibuka lebih tinggi ikuti kenaikan Wall Street

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar