Wajib coba, transportasi ramah publik Provinsi Gyeonggi Korsel

Wajib coba, transportasi ramah publik Provinsi Gyeonggi Korsel

Bus Gyeonggi (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik apalagi didorong dengan kepopuleran budaya K-pop dan drama Korea di Indonesia.

Selain Seoul, Provinsi Gyeonggi bisa menjadi pilihan alternatif wisata di Korea Selatan. Salah satu alasannya adalah provinsi tersebut kini membangun transportasi publik yang nyaman, lebih nyaman ketimbang mobil pribadi.
 
Bus Gyeonggi di stasiun pengisian bahan bakar listrik (ANTARA/HO)


"Gyeonggi Bus" adalah andalan provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Lee Jae-myung. Bus publik ini beroperasi sejak Maret 2020 dan melewati 16 rute di 19 kota termasuk Gimpo dan Yangju. Hingga kahir tahun akan ditambah 20 rute lagi hingga total 56 rute.

Pemerintah Provinsi Gyeonggi, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA pada Jumat berencana memperluas jaringan kereta api di bagian timur dan wilayah utara provinsi di mana infrastruktur transportasi relatif kurang.

Itu akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi, dan organisasi pemerintah terkait lainnya untuk memastikan bahwa enam proyek kereta api provinsi (seperti jalur Okjeong-Pocheon, jalur ganda Icheon-Mungyeong) dapat berjalan dengan lancar.

Mulai tahun ini, Pemerintah Provinsi Gyeonggi telah menyuntikkan dana 53 miliar won (sekira 43,8 juta dolar AS) untuk mensubsidi sebagian biaya transportasi anak muda yang berusia 13 hingga 23 tahun.

Baca juga: Korut-Korsel resmikan proyek yang hubungkan kembali jalur transportasi

Baca juga: Bus listrik Hyundai sudah dilengkapi informasi terkini


Melalui program ini, diproyeksikan total 430.000 anak muda akan menerima diskon setara dengan hingga 50 persen dari biaya transportasi ditanggung oleh orang dewasa.

Pemerintah Provinsi Gyeonggi juga menjamin hak mobilitas untuk lansia dan difabel. Ada 1.071 kendaraan khusus, 96 persen dari target pemerintah, yang sekarang beroperasi, dan jumlah mereka akan meningkat menjadi 1.116 pada tahun 2022. Saat ini, 1.422 bus lantai rendah beroperasi, dengan 407 lainnya akan ditambahkan tahun ini.

Tahun lalu, Provinsi Gyeonggi menambah jumlah rute "Bus Malam Gyeonggi" (bus beroperasi hanya setelah pukul 11 ​​malam) ke 77 untuk kenyamanan warga yang pulang terlambat sehabis kerja.
 
Gubernur Lee Jae-myung mengendarai skuter listrik Gyeonggi (ANTARA/HO)



Selain itu, dua sistem informasi yang memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengemudi bus tentang penumpang yang menunggu halte bus dan yang memungkinkan penumpang untuk melaporkan bus yang melanggar aturan pemberhentian di pemberhentian yang ditunjuk.

Gyeonggi menjadi sangat populer berkat drama TV "Dae Jang Geum (Jewel in the Palace)".

Drama tersebut mengambil setting lokasi di Suwon Hwaseong Fortress, Korean Folk Village, dan Dae Jang Geum Park.

Selain itu destinasi wisata lain yang patut dicoba di Gyeonggi adalah Everland yakni semacam taman wisata di mana wisatawan bisa menaiki wahana hiburan roller coaster dari kayu dan melihat koleksi satwa liar. Gyeonggi juga dikenal karena Gapyeong Rail Bike, jalur kereta tua yang melintasi pedesaan Gangwon-do yang indah.

Baca juga: Bandara Incheon akan operasikan bus hidrogen Hyundai

Baca juga: Hyundai siapkan bus hidrogen, bangun SPBU fuel cell di Bandara Incheon

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar