kemungkinan transmisi lokal
Sampang (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Sampang, Jawa Timur merilis, sedikitnya enam orang dokter di wilayah itu dinyatakan positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil uji laboratorium dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

"Keenam orang dokter yang positif terpapar COVID-19 ini yang bertugas di sejumlah puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Sampang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi di Sampang, Jumat.

Dari enam orang yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 itu, satu diantaranya telah meninggal dunia dan dikebumikan berdasarkan protokol COVID-19.

"Dengan demikian, tinggal 5 orang dokter yang kini masih menjalani perawatan di RSUD Dr Muhammad Zyn Sampang," katanya, menjelaskan.

Baca juga: Dokter-perawat terinfeksi, positif COVID-19 di Pasuruan jadi 40 orang
Baca juga: RS PTN Unud rawat tujuh dokter positif COVID-19


Agus lebih lanjut menjelaskan, keenam dokter yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 itu masing-masing berinisial B, E, F, I, dan F. Sedangkan dokter yang meninggal dunia berinisial D.

"Mereka yang terpapar COVID-19 ini merupakan dokter umum sebanyak lima orang dan seorang dokter spesialis anak," katanya.

Agus belum bisa memastikan lebih jelas dari mana keenam dokter itu terpapar virus corona, namun berdasarkan dugaan, kemungkinan mereka menangani pasien yang tidak jujur menjelaskan riwayat kontak saat berobat kepada para dokter tersebut.

"Belum bisa dipastikan, kemungkinan transmisi lokal. Bisa juga ada pasien yang terpapar COVID-19, dan yang bersangkutan tidak terbuka menjelaskan kepada dokter saat berobat," katanya, menjelaskan.

Baca juga: Staf Dinkes Sampang positif COVID-19 meninggal dunia
Baca juga: Dokter meninggal di Madura, Pemprov Jatim ucapkan duka cita


Sementara itu, berdasarkan data Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Sampang, hingga 3 Juli 2020 ini, total jumlah warga Sampang yang terpapar virus corona sebanyak 111 orang.

Perinciannya sebanyak 31 orang telah dinyatakan sembuh, 70 orang dalam perawatan dan sebanyak 10 orang meninggal dunia.

Jumlah pasien dalam pengawasan sebanyak 27 orang, dengan perincian, sebanyak 19 orang dalam pengawasan, 6 orang sudah selesai pengawasan dan sebanyak 2 orang meninggal dunia.

Kabupaten Sampang terdata menempati urutan ketiga dalam kasus COVID-19 di Pulau Madura. Kabupaten dengan jumlah penderita COVID-19 positif terbanyak ialah Bangkalan, yakni 236 orang, lalu Pamekasan sebanyak 121 orang, Sampang 111 orang dan yang paling sedikit adalah Kabupaten Sumenep, yakni 94 orang.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di Sampang bertambah 3 jadi 23 orang
Baca juga: Gugus Tugas: Seluruh daerah di Jatim terinfeksi COVID-19

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020