Relawan Indonesia Bersatu beri bantuan sembako di Kampung Melayu

Relawan Indonesia Bersatu beri bantuan sembako di Kampung Melayu

Ketua Tim Relawan Indonesia Bersatu Sandiaga Uno saat mendistribusikan bantuan sembako di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (3/7/2020). (ANTARA/HO-RIB)

Jakarta (ANTARA) - Tim Relawan Indonesia Bersatu (RIB) menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak COVID-19 di wilayah Kampung Melayu, Jakarta Timur, Jumat.

"Kami menyiapkan 50 ribu paket sembako yang sudah selesai tahap pertama. Kita menambah lagi 50 ribu yang kedua targetnya di daerah padat dan prasejahtera," kata Ketua Tim Relawan Indonesia Bersatu Sandiaga Uno.

Pernyataan itu disampaikan Sandiaga saat menyambangi warga RW 02 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, untuk mendistribusikan bantuan sembako.

Sandiaga mengatakan 90 persen dari total sembilan RW di wilayah tersebut telah tersentuh bantuan.

"Yang harus menjadi fokus kita data COVID-19 dari 60 warga di sini, Pak RW menyampaikan ada 12 yang kena, tujuh sudah sembuh dan sisanya lima masih isolasi mandiri," katanya.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 bersama Rumah Sandiaga Uno Indonesia membantu pemerintah melakukan percepatan penanganan pandemi dengan mendistribusikan 350 paket sembako.

Bantuan diberikan kepada warga yang sebagian besar berprofesi sebagai buruh harian lepas dan pedagang kaki lima yang bermukim di sekitar bantaran Sungai Ciliwung.

Baca juga: RIB selenggarakan uji rapid dan swab bagi seribu warga Cilincing
Baca juga: Sandiaga Uno bagikan 350 paket sembako kepada pemulung
Baca juga: Sandiaga Uno bantu 4.600 APD bagi tenaga medis RSPI Sulianti Saroso


Menurut Sandiaga, pekerja informal merupakan kelompok warga yang rentan terdampak secara ekonomi selama COVID-19.

"Saya mendapat pesan dari warga di lokasi, masih banyak dari mereka yang hilang pendapatan akibat COVID-19. Ini perlu kita sentuh," katanya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan koordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terus dilakukan untuk mengatasi dampak ekonomi saat ini.

"Kami siap kumpulkan bantuan sosial untuk masyarakat juga dengan berkonsolidasi dengan dunia usaha," katanya.

Sandiaga pun berpesan kepada masyarakat untuk terus disiplin menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. “Tetap produktif menemukan ide-ide baru dan segar agar bertahan dalam kesulitan,” katanya.

Lurah Kampung Melayu Setiawan yang mewakili warga penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas bantuan sosial yang diberikan Relawan Indonesia Bersatu.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya kepada warga Kampung Melayu, semoga bisa meringankan beban ekonomi warga," ujarnya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sandiaga Uno: kalah atau menang, hadapi dengan senyuman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar