Selama lockdown, orang-orang merasa terjebak di dalam apartemen mereka yang sumpek di kota yang sesak...
Jakarta (ANTARA) - Selama masa pandemi virus corona (COVID-19), sejumlah selebritas pria seperti David Beckham sampai Harry Styles memimpin tren fesyen cottagecore.

Istilah cottagecore, menurut Insider, merujuk kepada gerakan estetika tentang impian tinggal di sebuah gubuk di tengah hutan, membayangkan kehidupan sederhana di tengah buah-buahan segar, udara yang selalu bersih, dan bebas dari teknologi.

Tagar cottagecore marak muncul di platform media sosial seperti Tumblr dan TikTok sekira tahun 2017, memberi gambaran gabungan antara gaya hidup dan fesyen yang mencerminkan kerinduan pada kehidupan pedesaan nan romantis lewat gaya berbusana tahun 1970-an.

Andrew Groves, seorang profesor fesyen di Universitas Westminster, Inggris, mengatakan bahwa cottagecore mempengaruhi tren dalam fesyen pria selama pandemi sebagai pelarian dari rasa jenuh di rumah yang sumpek.

Baca juga: M Missoni dan Yoox luncurkan kolaborasi fesyen berkelanjutan

Baca juga: Rok crinoline hingga topi jaga jarak, tren fesyen "new normal"


"Selama lockdown, orang-orang merasa terjebak di dalam apartemen mereka yang sumpek di kota yang sesak, jadi masuk akal kalau mereka mendambakan kehidupan dengan latar belakang kehidupan pastoral di mana seseorang bisa merasa santai, nyaman dan bebas dari penyakit," kata sejarawan Andrew Luecke, Guardian, Jumat (3/7).

Aktivitas-aktivitas yang berkenaan dengan cottagecore seperti memanggang roti, berkebun, dan merajut juga jadi tren selama pandemi.

Di Inggris, pencarian "gaya kakek-kakek/granddad style" ini meningkat tajam di mana pencarian dengan kata kunci flat caps mampu meraup 27.100 pencarian, cardigans mencapai 40.500 dan smocks sampai 74.000 pencarian, digitaloft.co.uk.

David Beckham

David Beckham, menerjemahkan cottagecore dalam gaya berbusananya yang dia bagikan dalam akun Instagram dia.

Akhir-akhir ini Beckham sering mengunggah foto-foto dirinya di mana dia berpose dengan bergaya bak seorang petani dengan latar belakang langit biru yang cerah dengan hamparan padang rumput yang hijau di mana dia mengenakan topi flat, cardigan wol atau korduroi serta jumper.

Pilihan busana lain versi Beckham yang bisa dicontek jika ingin bergaya cottagecore adalah atasan smock berkerah V.

Harry Styles
 

Harry Styles dikenal sebagai selebritas yang sering mendobrak atas gender saat berpakaian. Dia banyak dibicarakan akhir-akhir ini karena penampilannya suatu kali saat manggung.

Dia mengenakan cardigan rajut warna-warni karya JW Anderson, mendorong para pengguna TikTok menggunakan tagar #harrystylescardigan untuk merajut cardigan-nya sendiri.

Selain itu, masihs ejalan dengan gaya cottagecore, Styles pernah mengenakan kaus berwarna kuning bunga daisy dari label Bode, New York, Amerika Serikat yang merupakan lini fesyen cottagecore.

Kaus itu memiliki tema agrikultur yang kuat dengan fokus pada item bordir dan kaitan.

Tak ketinggalan desainer seperti Virgil Abloh menggunakan koleksi pakaian pria musim semi/musim panas 2020 untuk fokus pada alam bebas dengan pola yang menampilkan anemon dan pansy dan sepatu bot berkebun.

Cottagecore untuk pria dapat dilihat sebagai cabang alami dari tren "gorpcore" yang dipimpin utilitas (pakaian luar untuk orang-orang yang tidak pergi keluar) dan adegan ramblers asam.

Baca juga: Uniqlo x Theory kolaborasi rilis koleksi baju pria

Baca juga: Fesyen di fase normal baru, masker hingga APD modis

Baca juga: Contek gaya fesyen Enzy Storia hingga Jessica Mila saat "new normal"

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020